PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs RADEN INTAN GADINGREJO

Alfan, Muzaqi (2024) PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs RADEN INTAN GADINGREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ALFAN BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFAN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam mewujudkan suatu pendidikan yang bermutu tentunya dibutuhkan suatu manajemen yang baik. Manajemen yang baik itu tentunya mengacu pada fungsi-fungsi manajemen itu sendiri, dimana fungsi-fungsi yang dimaksudkan tidak lain adalah POAC seperti perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), serta pengawasan (controlling), maka kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara terencana, sistematis, berkesinambungan dan mencapai tujuan yang telah diciptakan dalam hal ini murid dapat mencapai standar mutu pendidikan yang telah ditentukan. Oleh krena itu peneliti ingin melihat apakah fungsi manajeman sudah diterapkan di MTs Raden Intan Gading Rejo. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MTs Raden Intan Gadingrejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, sedangkan objeknya adalah fungsi-fungsi manajeman. Metode yang dipakai dalam mengumpulkan data adalah metode deskriptif yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Raden Intan Gadingrejo. Adapun sumber data terdiri atas dua macam yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1) Aspek Perencanaan menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan atau penyusunan program kegiatan di sekolah ini sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari proses perencanaan dilakukan dengan melibatkan semua komponen yang bertanggung jawab terhadap stabilitas aktivitas yang dilaksanakan untuk tercapainya tujuan sekolah, yaitu melalui kegiatan rapat; 2) Aspek Pengorganisasian bahwa di sekolah ini sudah dilakukan pengembangan struktur organisasi sekolah yang komprehensif dan dinamis, dimana masing-masing komponen yang terdapat dalam struktur organisasi sekolah sudah ditempatkan tenaga atau SDM yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, disamping itu masing-masing komponen sudah menyadari akan job atau tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, disamping itu pimpinan dan bawahan sudah terkoordinir dan terjadi hubungan kerjasama dengan sangat baik, hal ini antara lain ditunjukkan dengan interaksi dan komunikasi yang selama ini terjadi antara pimpinan dan bawahan sudah terjalin dengan baik; 3) Aspek Penggerakan menunjukkan bahwa pimpinan di sekolah ini sangat proaktif dalam memberikan motivasi yang bisa membangkitkan semangat dalam bekerja bagi semua komponen yang ada di sekolah ini, hal ini ditunjukkan beliau dengan memberikan pujian, respon positif baik secara lisan atau secara perbuatan atas segala keberhasilan yang dicapai oleh bawahan; 4) Aspek Pengawasan/ monitoring bahwa kegiatan ini sudah berjalan baik dimana adanya temuan data yang menunjukkan bahwa pimpinan di sekolah ini telah melakukan kegiatan baik secara formal maupun secara informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala Madrasah sudah menerapkan fungsi manajeman dari Indikator POAC. Kata Kunci: Fungsi Manajeman, Mutu Pendidikan iv ABSTRACT In realizing quality education, good management is certainly needed. Good management of course refers to the management functions themselves, where the functions referred to are none other than POAC such as planning, organizing, actuating and controlling, then teaching and learning activities. can run in a planned, systematic, sustainable manner and achieve the goals that have been created, in this case students can achieve predetermined educational quality standards. For this reason, researchers want to see whether the management function has been implemented at MTs Raden Intan Gading Rejo. The research carried out aims to determine planning, organizing, mobilizing, supervising in improving the quality of education at MTs Raden Intan Gadingrejo. This research uses a qualitative research approach. The subject of this research is the Head of the Madrasah, while the object is management functions. The method used to collect data is a descriptive method designed to obtain information about Management Functions in Improving the Quality of Education at MTs Raden Intan Gadingrejo. There are two types of data sources, namely primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use data reduction, data presentation and data verification. Based on the research carried out, the results obtained are that: 1) The planning aspect shows that the implementation of planning or preparation of activity programs in this school has gone well. This can be seen from the planning process carried out by involving all components responsible for the stability of the activities carried out to achieve the objectives. school, namely through meeting activities; 2) The organizational aspect is that in this school a comprehensive and dynamic school organizational structure has been developed, where each component contained in the school organizational structure has been assigned personnel or human resources who can carry out their duties well, besides that each component is aware regarding their respective jobs or duties and responsibilities, besides that the leadership and subordinates have been coordinated and there is a very good cooperative relationship, this is demonstrated, among other things, by the interaction and communication that has occurred between the leadership and subordinates which has been well established; 3) The Mobilization aspect shows that the leadership at this school is very proactive in providing motivation that can raise enthusiasm for work for all components in this school. This is shown by him giving praise, positive responses either verbally or in action for all the successes achieved. achieved by subordinates; 4) The supervision/monitoring aspect shows that this activity has been going well where there are data findings that show that the leadership at this school has carried out activities both formally and informally. Based on the research results, it can be concluded that the Madrasa head has implemented the management function of the POAC Indicator. Keywords: Management Function, Education Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:32
Last Modified: 31 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32232

Actions (login required)

View Item View Item