ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat di Kota Palembang)

SINTIA, FEBRINA (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat di Kota Palembang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SINTIA FEBRINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dinamika perbankan syariah memperlihatkan persepsi yang cukup baik, terutama dikalangan muslim. Bank syariah saat ini memberikan keuntungan bagi nasabahnya. Akan tetapi tidak jarang masyarakat yang masih beranggapan tidak adanya perbedaan antara bank syariah dengan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat muslim di Kota Palembang untuk menggunakan bank syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim menggunakan bank syariah ?; (2) Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim menggunakan bank syariah ?; (3) Apakah promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim menggunakan bank syariah ?. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data diambil melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat Kota Palembang. Sampel yang digunakan sebanyak 272 responden yang diambil dengan cara teknik sampling insidental. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier bergada dan uji prasayarat, uji T dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim menggunakan bank syariah, dan hasil uji F menunjukkan bahwa religiusitas, pengetahuan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim menggunakan bank syariah dengan pengaruh sebesar Fhitung 16,533 > Ftabel 3,03 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Serta berdasarkan hasil uji determinsi (R2 ) sebesar 0,156, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh variabel religiusitas (X1), pengetahuan (X2) dan promosi (X3) terhadap minat masyarakat menggunakan bank syariah (Y) sebesar 15,6%. Sedangkan sisanya 84,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Religiusitas, Pengetahuan, Promosi, Minat Masyarakat.ABSTRACT The dynamics of Islamic banking show a fairly good perception, especially among Muslims. Islamic banks currently provide benefits for their customers. However, it is not uncommon for people who still think there is no difference between Islamic banks and conventional banks. This study aims to determine the factors that influence the interest of Muslim communities in Palembang City to use Islamic banks. The formulation of the problem in this study are: (1) Does religiosity affect the Muslim community's interest in using Islamic banks?; (2) Does knowledge affect the Muslim community's interest in using Islamic banks?; (3) Does promotion affect the Muslim community's interest in using Islamic banks?. The method used for this research uses quantitative research methods. Data was collected through distributing questionnaires to the people of Palembang City. The sample used was 272 respondents who were taken by means of incidental sampling techniques. Data analysis techniques in this study include validity and reliability tests, multiple linear regression analysis and pre-requisite tests, T test and F test and the test of the coefficient of determination (R2). Based on the test results with the T test, it shows that religiosity, knowledge and promotion have a positive and significant effect on the Muslim community's interest in using Islamic banks, and the results of the F test show that religiosity, knowledge and promotion simultaneously have a positive and significant effect on the Muslim community's interest in using Islamic banks with an effect of Fcount 16.533> Ftable 3.03 with a significance value of 0.000 < 0.05. And based on the results of the determination test (R2) of 0.156, this explains that the effect of religiosity variables (X1), knowledge (X2) and promotion (X3) on public interest in using Islamic banks (Y) is 15.6%. While the remaining 84.4% is influenced by other factors outside this study. Keywords: Religiosity, Knowledge, Promotion, Public Interest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:58
Last Modified: 31 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item