PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSD) PADA PEGADAIAN SYARIAH KOTA BANDAR LAMPUNG

M., Hamzah Firdaus (2024) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, LINGKUNGAN KONSUMEN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL (PSD) PADA PEGADAIAN SYARIAH KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M.HAMZAH FIRDAUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada masa digitalisasi ini, kompetisi antar lembaga perbankan ataupun lembaga keuangan sangatlah kuat, dalam perihal pelayanan, produk, maupun berbentuk benda serta jasa dalam mencukupi kebutuhan warga ataupun nasabah dan memberikan pelayanan secara optimal. Pegadaian Syariah Digital (PSD) ini digunakan agar dapat mempermudah para nasabah dalam melaksanakan proses transaksi maupun melaksanakan pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, lingkungan konsumen, dan lokasi terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital (PSD) di Pegadaian Syariah Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah fiel research yang bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria nasabah pegadaian syariah aktif dan memiliki user aplikasi pegadaian syariah digital (PSD). Sampel berjumlah 100 responden dari 812 populasi dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan angket. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi. Uji statistik yang terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran hasil uji t signifikansi sebesar 0,02 < 0,05 dan lingkungan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital dengan hasil uji t signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Sedangkan pada variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital, dibuktikan dengan uji t hasil signifikansi sebesar 0,059>0,05. Pada uji simultan variabel strategi pemasaran, lingkungan konsumen dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dalam pengujian koefisien determinasi mendapatkan hasil sebesar 0,692. Artinya strategi pemsaran, lingkungan konsumen dan lokasi berpengaruh tehadap keputusan nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital sebesar 69,2%, sedangkan 30,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Lingkungan Konsumen, Lokasi, Keputusan Pengguna. ABSTRACT In this era of digitalization, competition between banking institutions and financial institutions is very strong, in terms of services, products, and in the form of objects and services to meet the needs of citizens or customers and provide optimal service. This Digital Sharia Pawnshop (PSD) is used to make it easier for customers to carry out transaction processes and make payments. This research aims to determine the influence of marketing strategy, consumer environment, and location on customers' decisions to use the digital sharia pawnshop application (PSD) at the Bandar Lampung City Sharia Pawnshop. This type of research is field research which is quantitative descriptive. The sampling technique uses purposive sampling with the criteria of being active sharia pawnshop customers and having users of the digital sharia pawnshop application (PSD). The sample consisted of 100 respondents from a population of 812 using a data collection method using a questionnaire. Then the data analysis technique in this research uses multiple linear regression analysis and the coefficient of determination test. Statistical tests consisting of the t test and F test. The results of this research show that the marketing strategy t�test results have a significance of 0.02 < 0.05 and the consumer environment has a positive influence on customers' decisions to use the digital sharia pawnshop application with a t-test significance of 0.00 < 0.05. Meanwhile, the location variable does not have a significant effect on customers' decisions to use the digital sharia pawnshop application, as evidenced by the t test with a significance result of 0.059>0.05. In the simultaneous test of marketing strategy variables, consumer environment and location together have a significant effect of 0.00 < 0.05. In testing the coefficient of determination, the results were 0.692. This means that marketing strategy, consumer environment and location influence customers' decisions to use digital sharia pawnshop applications by 69.2%, while the remaining 30.9% is influenced by other variables outside of this research. Keywords: Marketing Strategy, Consumer Environment, Location, User Decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:51
Last Modified: 31 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32220

Actions (login required)

View Item View Item