PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2017-2022 Dalam Perspektif Ekonomi Islam)

RISA, REGIA MARLIN (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di ISSI Tahun 2017-2022 Dalam Perspektif Ekonomi Islam). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RISA BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of RISA REGIA MARLIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya permasalahan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di ISSI bahwa pengungkapan ISR sampai saat ini masih belum optimal. Meskipun perkembangan perusahaan yang terdaftar di ISSI meningkat, namun masih terdapat banyak perusahaan yang tidak mengungkapkan ISR secara konsisten dalam laporan tahunannya. Hal ini dibuktikan dengan data empiris yang didapatkan dalam laporan keuangan tahunan perusahaan tahun 2017-2022 bahwa pengungkapan ISR semakin menurun padahal kinerja keuangan perusahaan meningkat. Adanya penurunan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan financial leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dalam perspektif ekonomi Islam studi empiris perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di ISSI tahun 2017-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan melalui website resmi BEI. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), Disamping itu, variabel financial leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Secara simultan, variabel profitabilitas, likuiditas, dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Dalam perspektif ekonomi Islam, pengungkapan ISR merupakan tanggung jawab perusahaan, tidak hanya kepada masyarakat, melainkan juga kepada Allah swt dalam bentuk akuntabilitas dan transparansi. Oleh karenanya, dalam berbisnis tujuannya tidak hanya sekedar mencari keuntungan tetapi juga sebagai upaya untuk mendapatkan maslahah dari Allah swt. Kata Kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Financial Leverage, Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). ABSTRACT There is a problem in consumer goods sector companies listed on ISSI that ISR disclosure to date is still not optimal. Despite the increasing growth of ISSI-listed companies, there are still many companies that do not disclose ISR consistently in their annual reports. This is evidenced by empirical data obtained in the company's annual financial statements for 2017-2022 that ISR disclosure is declining even though the company's financial performance is increasing. This decrease can be caused by several factors. This study aims to determine the effect of profitability, liquidity, and financial leverage on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR) in an Islamic economic perspective in an empirical study of consumer goods companies registered with ISSI in 2017-2022. This research uses secondary data obtained from the company's financial statements through the official IDX website. Data analysis techniques use classical assumption tests in the form of normality tests, multicollinearity tests, and heterokedasticity tests. The analysis used is multiple linear regression analysis. Processing of research data using SPSS software version 25. The results of the hypothesis test show that partially profitability and liquidity do not affect the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR), in addition, the variable financial leverage has a significant influence on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR). Simultaneously, the variables of profitability, liquidity, and financial leverage have a significant effect on Islamic Social Reporting (ISR) disclosure. In the perspective of Islamic economics, the disclosure of ISR is a corporate responsibility, not only to the community, but also to Allah Almighty in the form of accountability and transparency. Therefore, in doing business the goal is not only to seek profit but also as an effort to get benefits from Allah swt. Keyword : Profitability, Liquidity, Financial Leverage, Disclosure of Islamic Social Reporting (ISR).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:51
Last Modified: 30 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32214

Actions (login required)

View Item View Item