KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Hani, Lestari (2024) KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI_HANI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Santri yang berada di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung mengalami perilaku prokrastinasi akademik seperti, kurang dapat mengatur waktu, percaya diri yang rendah, menganggap diri terlalu sibuk, keras kepala, manipulasi tingkah laku orang, menjadikan penundaan sebagai coping untuk menghindari tekanan dan merasa dirinya sebagai korban. Oleh karena itu perlu adanya tujuan dari peneliti untuk mengetahui bagaimana konseling individual dengan teknik cognitive restucturing untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada santri di pondok pesantren Al Hikmah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri 1 kepala Pondok pesantren, 2 guru pembimbing 2 santriwan dan 2 santriwati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling individual untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung telah dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: 1) Tahap awal (assessment atau perkenalan), yaitu tahap ini proses klien menemui konselor hingga berjalan sampai konselor dan klien menemukan masalah 2) Tahap inti (tahap kerja) yaitu tahap inti pada teknik cognitive restructuring dengan menggunakan metode pemberian tugas. Tahap kerja ini Santri sudah masuk pada teknik cognitive restructuring inti dari teknik tersebut seperti pembelajaran tentang menyelesaikan tugas atau pekerjaan tepat waktu, mengatur prioritas kegiatan dan meningkatkan motivasi dalam mengerjakan tugas. 3) Tahap akhir yaitu penutup kegiatan yang didalamnya mencakup kegiatan evaluasi, keberhasilan dan hambatan dan tindak lanjut (follow up) sebelum guru pembimbing melakukan tindak lanjut mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengukur kemampuan Santri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan konseling individual dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung telah berhasil dijalankan dan sesuai dengan kebutuhan Santri. Kata Kunci : Konseling Individual, Teknik Cognitive Restructuring, Santri iii ABSTRACT Students at the Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung experience academic procrastination behavior such as not being able to manage time, low self-confidence, considering themselves to be too busy, being stubborn, manipulating people's behavior, using procrastination as coping to avoid pressure and feeling like they are victim. Therefore, it is necessary for researchers to aim to find out how individual counseling using cognitive restructuring techniques can reduce academic procrastination behavior in students at the Al Hikmah Islamic boarding school in Bandar Lampung. This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature. The primary data sources in the research were 7 people consisting of 1 head of Islamic boarding school, 2 supervising teachers, 2 female students and 2 female students. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Huberman analysis model which consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions The results of this research show that the implementation of individual counseling to reduce academic procrastination behavior among students at the Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung has been implemented through 3 stages, namely: 1) Initial stage (assessment or introduction), namely this stage the process of the client meeting the counselor until it reaches counselor and client find problems 2) core stage (work stage), namely the core stage of cognitive restructuring techniques using the assignment method. At this stage of work, students have entered the core cognitive restructuring techniques of this technique, such as learning about completing assignments or work on time, setting activity priorities and increasing motivation in carrying out tasks. 3) the final stage, namely the closing of activities which includes evaluation activities, successes and obstacles and follow-up. Before the supervising teacher carries out follow-up, they will carry out an evaluation first so that they can measure the students' abilities. The conclusion of this research is that the implementation of individual counseling using cognitive restructuring techniques to reduce academic procrastination behavior among students at the Al Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung has been successfully implemented and is in accordance with the needs of the students. Keywords : Individual Counseling, Cognitive Restructuring Techniques, Santr

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:03
Last Modified: 30 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32209

Actions (login required)

View Item View Item