PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLETING DAN EXTENDING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Cindi, Pitaloka (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLETING DAN EXTENDING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI CINDI BAB 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CINDI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Refleting dan Extending) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Oleh Cindi Pitaloka Rendahnya keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik merupakan permasalahan yang harus diperbaiki, dimana pada saat dilakukan pra penelitian kelas XI di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Dengan demikian dilakukanlah penelitian ini yang tujuannya adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CORE tterdapat pengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperiment. Instrument penelitian yang digunakan untuktes dengan uraian pada materi Sistem Pencernaan dan dengan nontes yaitu angket dan dokumentasi. Sample penelitian terdiridari kelas eksperiment dan kelas control yang masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik/. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Refleting dan Extending terdadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Adapun perbedaan keterampilan proses sains pada kelas control dan kelas eksperiment yaitu 90,21% dengan 86,8% . sedangkan untuk sikap ilmiah kelas eksperiment dan control Adanya pengaruh dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh 0,000<0,05 dan sikap ilmiah pada kelas kontrol dan kelas eksperiment yaitu 90,63% dengan 77,28%dengan demikian penelitian ini dapat menjawab masalah yang sudah ditentuikan. Kata Kunci: Sikap Ilmiah, Keterampilan Proses Sains, Sistem Pencernaan, CORE (Connecting, Organizing dan Extending) iii ABSTRACT The Influence of the CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Learning Model on Students' Science Process Skills and Students' Scientific Attitudes in Biology Subjects By Cindi Pitaloka The low level of science process skills and scientific attitudes of students is a problem that must be corrected, when pre�research was carried out in class XI at SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Thus, this research was carried out, the aim of which was to find out whether the CORE learning model had an influence on students' science process skills This research is quantitative research using experiments. The research instruments used for tests include descriptions of the Digestive System material and non-tests, namely questionnaires and documentation. The research sample consisted of an experimental class and a control class, each class consisting of 36 students. The samples in this research were taken using the Cluster Random Sampling Technique. The results of this research are that there is an influence of the CORE (Connecting, Organizing, Refleting and Extending) learning model on science process skills and scientific attitudes. The difference in science process skills in the control class and the experimental class is 90.21% and 86.8%. Meanwhile for scientific attitude in the experimental and control classes. The influence can be seen from the hypothesis test which obtained 0.000<0.05 and the scientific attitude in the control class and experimental class, namely 90.63% and 77.28%, thus this research can answer the problems that have been determined. Keywords: Scientific Attitude, Science Process Skills, Digestive System, CORE (Connecting, Organizing and Extending)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:33
Last Modified: 29 Jan 2024 08:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item