ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN ASET DESA (Studi di Desa Pakuan Aji Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur)

Fani, Gusma (2024) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 7 PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN ASET DESA (Studi di Desa Pakuan Aji Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2 FANI GUSMA NEW.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full fani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aset desa merupakan barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, yang dibeli atau didapatkan atas Beban Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) atau diperoleh melalui hak lainnya yang sah. Aset desa dikelola oleh Pemerintah Desa dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat desa. Tetapi dalam pelaksanaan pengelolaan aset desa Pakuan Aji belum berjalan secara optimal. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, adapun yang menjadi rumusan masalah yaitu sebagai berikut: Bagaimana implementasi Pasal 7 Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa di Desa Pakuan Aji Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur? Bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap implementasi Pasal 7 Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa di Desa Pakuan Aji Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan mengadakan penelitian langsung pada tempat atau objek penelitian. Serta sifat penelitian ini berupa deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Pasal 7 Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa di Desa Pakuan Aji Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur belum optimal karena masih terdapat beberapa tahapan yang belum maksimal dilaksanakannya. Berdasarkan pandangan siyasah maliyah bahwa dalam pelaksanaan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa di Desa Pakuan Aji pihak Pemerintah Desa dalam melaksanakan tahapan dalam mengelola aset belum terlaksana dengan baik sesuai dengan siyasah maliyah yang merupakan politik keuangan. Kata Kunci : Permendagri, Pengelolaan Aset Desa Dan Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:52
Last Modified: 29 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32205

Actions (login required)

View Item View Item