PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POWERPOINT NON-LINIER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG

Amiliani, Noviasti (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POWERPOINT NON-LINIER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (40MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra survei yang telah dilakukan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, dalam pembelajaran Biologi pendidik hanya menggunakan model pembelajaran direct intruction , sehingga suasana belajar terkesan kaku karena dalam kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Materi virus merupakan materi yang sulit dipahami karena virus merupakan makhluk terkecil yang tidak kasat mata, selain itu materi virus tidak bisa dipraktikumkan sehingga diperlukan metode yang didampingi dengan media yang tepat sehingga peserta didik dapat memahami materi mengenai virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri terbimbing Berbasis Powerpoint Non-linier Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada materi Virus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (X IPA3) dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (X IPA2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,53. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-gainnya sebesar 0,71. Uji t independent pemahaman konsep menunjukkan bahwa Sig.(2- tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terbimbing Berbasis Powerpoint Non-linier Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Berdasarkan uji korelasi linear pada kelas eksperimen metode pembelajaran Inkuiri terbimbing Berbasis Powerpoint Non-linier berkontribusi sebesar 72% terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan pada keterampilan komunikasi berdistribusi sebesar 75% banyak faktor yang mempengaruhi besarnya kontribusi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:26
Last Modified: 20 Feb 2018 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3220

Actions (login required)

View Item View Item