HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA BOARDING SCHOOL

DEWI, SURYANI (2024) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA BOARDING SCHOOL. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DEWI SURYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Minat Belajar dan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa Boarding School Oleh : Dewi Suryani Setiap individu memiliki dorongan untuk beraktivitas dan mencapai suatu tujuan yang di inginkan. Motivasi belajar yang dimana suatu proses pemberian semangat, arah dan kegigihan perilaku dalam aktivitas belajar. Siswa akan selalu membutuhkan suatu motivasi untuk bisa terus konsisten belajar dalam hal ini minat serta dukungan dari orang terdekat yang berada dalam satu lingkup sangatlah penting dalam keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif pada siswa boarding school. Subjek penelitian yaitu 78 Siswa Boarding School. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Validitas pada penelitian ini memanfaatkan validitas isi dan reliabilitas memilih alpha cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala motivasi belajar 15 aitem (α = 833), dan skala minat belajar 15 aitem (α = 894), dan skala dukungan keluarga berjumlah 20 aitem (α = 854). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan SPPS For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara minat belajar dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa boarding school dengan nilai R 0,710 dan nilai F = 38.170 dengan taraf signifikan p<0,01 dan R2= 0,504 sumbangan efektif (SE) sebesar 50,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Minat Belajar, Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar, Siswa Boarding School. ABSTRACT The Relationship between Interest in Learning and Family Support and Learning Motivation in Boarding School Students By : Dewi Suryani Every individual has the urge to do activities and achieve a desired goal. Learning motivation is a process of providing enthusiasm, direction and persistence of behavior in learning activities. Students will always need motivation to be able to continue consistently studying, in this case the interest and support from those closest to them in the same area are very important in the success of female students' learning. This research aims to find out whether interest in learning and family support with learning motivation have a positive relationship among female boarding school students. The research subjects were 78 female boarding school students. Sampling used accidental sampling. Validity in this research utilizes content validity and reliability choosing Cronbach's alpha. Data collection techniques used a 15-item learning motivation scale (α = 833), a 15-item learning interest scale (α = 894), and a 20-item family support scale (α = 854). The analysis technique used is multiple regression analysis with SPPS For Windows. The results of this study show that there is a significant positive relationship between interest in learning and family support and motivation to learn in female boarding school students with an R value of 0.504 and an F value = 38,170 with a significant level of p<0.01 and an effective contribution (SE) of 50,4% and the rest is influenced by other variables outside this research. Keywords: Interest in Learning, Family Support, Motivation to Learn, Boarding School Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:06
Last Modified: 26 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32196

Actions (login required)

View Item View Item