ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK HASIL HUBUNGAN SEDARAH (Studi di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji)

EVI, SOVIATI (2024) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP HAK ASUH ANAK HASIL HUBUNGAN SEDARAH (Studi di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan sedarah sesungguhnya bukanlah fenomena baru, melainkan sudah setua umur kehidupan manusia itu sendiri. Sementara di banyak masyarakat, hubungan sedarah biasanya dikategorikan sebagai tindakan asusila yang ditabukan di dalam kehidupan masyarakat. Akhir-akhir ini banyak sekali permasalahan yang tengah muncul di tengah-tengah masyarakat yakni anak yang lahir akibat hubungan sedarah yang mengakibatkan status anak tidak jelas baik mengenai kewarisan, hak-haknya serta bagaimana tanggung jawab orang terhadap anak hubungan sedarah tersebut. Berdasarkan hal tersebut, penulis akan mengaji lebih dalam mengenai hak asuh anak hasil hubungan hubungan sedarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses terjadinya hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hak asuh anak hasil hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses terjadinya hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap hak asuh anak hasil hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu, editing, coding, dan sistemazing. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu menggunakan kerangka berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, proses terjadinya hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji disebabkan karena untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya yang berakibat hamil di luar nikah serta ada juga orang tua yang menjodohkan anaknya lantaran orang tua tidak ingin anaknya menikah dengan laki-laki lain yang belum tentu baik dan sayang dengan anaknya, meskipun orang tuanya mengetahui bahwa yang dijodohkan dengan anaknya merupakan adik iii kandungnya sendiri karena sudah mengetahui baik dan buruknya, serta dianggap sudah pasti bisa menjaga anaknya. Kedua, hak asuh anak hasil hubungan sedarah di Desa Bukoposo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji bertentangan dengan hukum Islam, hal ini dikarenakan anak yang lahir dari hasil hubungan sedarah diasuh oleh ayahnya. Sementara Islam memandang hubungan sedarah sama dengan perbuatan zina yang dilarang dalam Q.S. an-Nisa’ [4]: 23, sehingga anak yang lahir dari pernikahan sedarah hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarganya, sementara dalam kasus ini. Akibat dari hilangnya hubungan perdata dengan ayah biologisnya maka anak tersebut akan kehilangan hak asuh, hak nasab, hak wali dan waris dari ayah dan keluarga ayahnya. Kata Kunci: Hukum Islam, Hak Asuh Anak Hasil Hubungan Sedarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:09
Last Modified: 26 Jan 2024 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32187

Actions (login required)

View Item View Item