PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN KEAGAMAAN SISWA (Studi SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur)

HIDAYAT, NURWAHID (2024) PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN KEAGAMAAN SISWA (Studi SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Hidayat Nurwahid.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Perilaku Sosial Dan Keagamaan Siswa (Studi SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur) Oleh: Hidayat Nurwahid Full day school merupakan salah satu alternative bagi sekolah dan revolusi pendidikan dalam membentuk karakter dan perilaku siswa selain itu juga sebagai upaya mengatasi permasalahan kenakalan pelajar yang ada di masyarakat. Sistem full day school merupakan kebijakan pendidikan yang membuat siswa hampir seharian penuh berada dilingkungan sekolah sehingga dengan adanya kebijakan tersebut dapat menurunkan intensitas siswa untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan keluarga ataupun dengan lingkungan masyarakat selain itu dapat menurunkan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan keagamaan di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut sistem full day school diduga memiliki pengaruh dalam kehidupan siswa yang meliputi perilaku sosial dan keagamaan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh sistem full day school terhadap perilaku sosial siswa dan apakah terdapat pengaruh sistem full day school terhadap perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem full day school terhadap perilaku sosial dan keagamaan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner atau angket secara tertutup. Teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling yaitu sampel yang memiliki populasi yang tidak hegemony atau memiliki strata yang terdiri atas siswa kelas XI dan XII tahun 2023 sebanyak 199 sampel dari 393 populasi yang ditentukan menggunakan perhitungan rumus slovin. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala full day school (α = 0,741), perilaku sosial (α = 0,755) dan perilaku keagamaan (α = 0,818). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien determinan, analisis regresi linier sederhana dan uji t dengan menggunankan bantuan aplikasi SPSS 18. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara sistem full day school terhadap perilaku sosial siswa dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,741 yang bernilai positif dengan thitung 12,595 > ttabel 1,653 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinan sebesar 0,446 ini artinya variabel independen sistem full day school mampu mempengaruhi perilaku sosial siswa sebesar 44,6% dengan 55,4% lainnya dipengaruhi oleh diluar variabel ini. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara full day school dengan perilaku sosial siswa artinya dengan adanya pelaksanaan sistem full day school dapat memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan perilaku sosial siswa sebesar 44,6%. Uji hipotesis kedua menyatakan terdapat pengaruh antara sistem full day school terhadap perilaku keagamaan siswa dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,834 yang bernilai positif dengan thitung 12,343 > ttabel 1,653 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil uji koefisien determinan sebesar 0,436 ini artinya variabel independen sistem full day school mampu mempengaruhi perilaku keagamaan siswa sebesar 43,6% dengan 56,4% dipengaruhi oleh variael lain diluar ariabel ini. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang posituf dan signifikan antara sistem full day school terhadap perilaku keagamaan siswa artinya dengan adanya pelaksanaan sistem full day school dapat memberikan pengaruh dan meningkatkan perilaku keagamaan siswa sebesar 43,6%. Kata Kunci: Full Day School, Perilaku Sosial, Perilaku Keagamaan. ABSTRACT The Influence of the Full Day School System on Students' Social and Religious Behavior (Study of SMA Negeri 1 Sukadana, East Lampung) By: Hidayat Nurwahid Full day school is an alternative for schools and an educational revolution in shaping student character and behavior as well as an effort to overcome the problem of student delinquency in society. The full day school system is an educational policy that means students spend almost the entire day in the school environment so that this policy can reduce the intensity of students interacting and socializing with their families or with the community. Apart from that, it can reduce opportunities for students to participate in social and religious activities in school public. Based on this, the full day school system is thought to have an influence on students' lives which includes students' social and religious behavior. The formulation of the problem in this research is whether there is an influence of the full day school system on students' social behavior and whether there is an influence of the full day school system on students' religious behavior. This research aims to determine the effect of the full day school system on students' social and religious behavior. The research approach used in this research is quantitative, descriptive in nature. The data collection technique is a closed questionnaire. The sampling technique is proportionate stratified random sampling, namely a sample that has a population that is not hegemony or has a stratum consisting of students from class XI and The scales used in this research are the full day school scale (α = 0.741), social behavior (α = 0.755) and religious behavior (α = 0.818). The data analysis techniques used in this research are the determinant coefficient test, simple linear regression analysis and t test using the SPSS 18 application. The results of this research show that there is an influence between the full day school system on students' social behavior as evidenced by the regression coefficient value of 0.741 which is positive with tcount 12.595 > ttable 1.653 with a significance value of 0.000 <0.05 and the determinant coefficient test result is 0.446, this means that the variable The independent full day school system is able to influence students' social behavior by 44.6% with the other 55.4% being influenced by outside this variable. The results of the hypothesis test show that there is a positive and significant influence between full day school and students' social behavior, meaning that the implementation of the full day school system can have an influence and can increase students' social behavior by 44.6%. The second hypothesis test states that there is an influence between the full day school system on students' religious behavior as evidenced by the regression coefficient value of 0.834 which is positive with tcount 12.343 > ttable 1.653 with a significance value of 0.000 <0.05 and the determinant coefficient test result is 0.436, this means the independent variable The full day school system is able to influence students' religious behavior by 43.6% with 56.4% influenced by other variables outside this variable. The results of the hypothesis test show that there is a positive and significant influence between the full day school system on students' religious behavior, meaning that the implementation of the full day school system can have an influence and increase students' religious behavior by 43.6%. Keywords: Full Day School, Social Behavior, Religious Behavior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:07
Last Modified: 26 Jan 2024 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32186

Actions (login required)

View Item View Item