SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW (SLR) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE

PUPUT, LESTARI (2024) SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW (SLR) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUPUT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan bimbingan dan konseling (BK) memiliki peran tersendiri dalam menangani permasalahan konseli, oleh karena itu meningkatnya permasalahan mengenai adiksi game online pada pelajar, yang menimbulkan berbagai macam dampak negatif seperti membolos, menggunakan waktu hanya untuk bermain game online, tidak mau bersekolah serta tidak mengerjakan tugas, maka dari itu dilakukan berbagai macam upaya untuk mengatasi masalah tersebut salah satu layanan yang banyak dipilih yaitu pendekatan cognitive behavior therapy (CBT), selain hal tersebut guru BK juga memiliki peranan tersendiri dalam memberikan layanan kepada pelajar mengenai permasalahan tersebut yaitu, sebagai fasilitas pertumbuhan dan perkembangan, pemeliharaan kondisi pribadi dan situasi kondusif untuk perkembangan diri konseli dan pencegahan timbulnya masalah, dan tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pelaksanaan layanan BK menggunakan pendekatan CBT dalam mengurangi adiksi game online dari dalam negeri dan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan CBT dalam mengurangi adiksi game online dari luar negeri Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan SLR (systematic literature riview) yaitu penelitian untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterprestasi terhadap semua hasil penelitian yang relavan terkait pertanyaan tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang telah menjadi perhatian. metode dalam pencarian jurnal dan artikel dilakukakn melalui database scopus, POP (publish or perish), conneted paper dan sinta, yang diperoleh 715 jurnal dan diklasifikasikan berdasarkan tahapan sehingga di peroleh 20 jurnal artikel yang terdiri dari 10 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional dalam rentang waktu dari tahun 2017-2022, dari penelitian sebelumnya yang melibatkan jumlah partisipan bervariasi yaitu dengan jumblah terbanyak 7129, terdapat juga jumblah lainya yaitu 2- 20 subjek, 30-100 subjek dan yang paling sedikit jumblah partisipannya yakni 2 subjek. Berdasarkan hasil SLR dari 20 jurnal artikel tentang layanan BK menggunakan pendekatan dalam mengurangi adiski game online, diperoleh hasil yaitu : Pendekatan CBT tidak hanya menggunakan iv satu teknik pendekatan CBT tetapi juga dimodifikasi dalam pendekatan lainnya untuk menggurangi kecanduan game online, keluarga dapat menjadi faktor pendorong dan pendukung akan tetapi juga dapat menjadi penyebab remaja mengalami kecanduan game online, dalam proses pemberian layanan CBT penelitian atau konselor menjadikan seseorang untuk dijadikan pengontrol utama dan pengontrol tersebut biasanya berasal dari keluarga atau orang terdekat konseli yang tujuannya untuk mengawasi konseli, pendekatan CBT dalam mengatasi adiksi game online juga berkolaborasi dengan pendekatan perilaku lainya atau dengan obat-obatan jika dampak negatif yang ditimbulkan oleh kecanduan game sangat parah yakni ketika kecanduan tersebut sampai menyebabkan depresi dan ganguan jiwa, tidak hanya pendekatan atau terapi perilaku CBT saja yang dapat digunakan untuk mengatasi kecanduan game online terdapat terapi perilaku lainya yaitu BCT (Behaviour Change Techniques) Teknik Perubahan Perilaku yang direkomendasikan dalam literatur intervensi yang terdiri dari protocol dan manual pengobatan, BCS (behaviour change strategies) Pendekatan lain adalah mengidentifikasi strategi perubahan perilaku dan ACT (Acceptance Commitment Therapy) terapi yang membantu klien dengan menggunakan penerimaan psikologis, dalam proses pemberian layanan pendekatan CBT membutuhkan waktu yang bervariasi yaitu 4-6 minggu, 12 -14 minggu, kecanduan game online dalam prosesnya memiliki pertemuan yang paling sedikit yaitu 4 pertemuan dan yang paling banyak 11 pertemuan, hasilnya pendekatan CBT berhasil mengurangi kecanduan game online. Kata Kunci: systematic literature riview, Adiksi game online, dan Cognitive behavior therapy. v ABSTRACT Guidance and counseling (BK) services have their own role in dealing with counselees' problems, because of this the increasing problem of online game addiction among students, which causes various negative impacts such as truancy, spending time only playing online games, not wanting to go to school and not doing work. tasks, therefore various efforts are made to overcome this problem, one of the services that is often chosen is the cognitive behavior therapy (CBT) approach. Apart from this, guidance and counseling teachers also have their own role in providing services to students regarding these problems, namely, as a growth facility. and development, maintenance of personal conditions and situations conducive to the counselee's self-development and prevention of problems, and the aim of this research is to determine the implementation of counseling services using the CBT approach in reducing domestic online game addiction and to determine the implementation of the CBT approach in reducing game addiction online from abroad. The method in this research uses the SLR (systematic literature review) approach, namely research to identify, evaluate, and interpret all relevant research results related to certain questions, certain topics, or phenomena that have become a concern. The method for searching journals and articles was carried out through the Scopus, POP (Publish or Perish), Connected Paper and Sinta databases, which obtained 715 journals and classified them based on stages so that 20 journal articles were obtained consisting of 10 international journals and 10 national journals in the time span. from 2017-2022, from previous research involving varying numbers of participants, with the highest number being 7129, there were also other numbers, namely 2-20 subjects, 30-100 subjects and the lowest number of participants, namely 2 subjects. Based on the SLR results from 20 journal articles about BK services using an approach to reducing online game addiction, the results obtained are: The CBT approach does not only use one CBT approach technique but is also modified in other approaches to reduce online game addiction, the family can be a driving and supporting factor However, it can also be the cause of teenagers vi becoming addicted to online games. In the process of providing CBT services, research or counselors make someone the main controller and the controller usually comes from the family or someone close to the client whose aim is to supervise the client. The CBT approach in overcoming online game addiction. also collaborate with other behavioral approaches or with medication if the negative impact caused by game addiction is very severe, namely when the addiction causes depression and mental disorders, it is not only CBT approaches or behavioral therapy that can be used to overcome online game addiction, there is therapy Other behaviors are BCT (Behaviour Change Techniques) Behavior Change Techniques recommended in the intervention literature which consist of treatment protocols and manuals, BCS (behavior change strategies) Another approach is identifying behavior change strategies and ACT (Acceptance Commitment Therapy) therapy which helps clients with using psychological acceptance, in the process of providing services the CBT approach requires varying amounts of time, namely 4-6 weeks, 12 -14 weeks, online game addiction in the process has the fewest meetings, namely 4 meetings and the maximum 11 meetings, the results of the CBT approach are successful in reducing addicted to online games. Keyword : systematic literature riview, Adiksi game online, dan Cognitive behavior therapy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:57
Last Modified: 26 Jan 2024 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item