PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG

Elisa, Siswanto (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPS ELISA SISWANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan model pembelajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Harapan Jaya, Bandar Lampung. Model pembelajaran ini dikenal sebagai pendekatan inovatif yang mendorong pembelajaran mandiri, kolaboratif, dan penemuan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest control group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Self Organized Learning Environment (SOLE). Data dikumpulkan melalui instrumen tes berpikir kritis yang telah divalidasi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran melalui model Self Organized Learning Environment (SOLE) dibandingkan dengan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan Model Self Organized Learning Environment (SOLE) mampu mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik di tingkat SD. Selain itu, hasil penelitian ini juga memberikan Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran inovatif seperti SOLE dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di tingkat SD. Para pendidik dapat mengintegrasikan model ini ke dalam kurikulum untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih berarti dan mendalam, yang dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka sejak dini. Kata Kunci: Self Organized Learning Environment (SOLE), Berpikir Kritis, Pendidikan Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:38
Last Modified: 26 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32182

Actions (login required)

View Item View Item