PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG

Annisa, Tri Tasti (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 HARAPAN JAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANNISA TRI TASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik dalam pembelajaran berlangsung sangat efektif apabila diberikan atau diterapkan berbagai macam Strategi Pembelajaran yang tidak monoton. Diketahui bahwa di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung, pendidik sudah menerapkan berbagai strategi pembelajaran, akan tetapi motivasi belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh yang signifikan pada Strategi Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian True Experimental Design berbentuk Post-Test Only Control Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh kelas III di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung dan sampel yang dipakai pada penelitian yakni kelas 3A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Joyful Learning berbantuan Ice Breaking dan kelas 3B sebagai kelas kontrol menerapkan Strategi Pembelajaran PAIKEM berbantuan Snowball Throwing. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Random Sampling serta teknik pengumpulan data nya berupa Angket. Uji data angket pada penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas, uji prasarat analisis yakni uji normalitas yang hasil datanya berdistribusi Normal dan juga uji homogenitas dengan hasil datanya Homogen. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, bahwa perhitungan uji-T yang berupa uji Independent Sample Test pada angket Post-Test, dihasilkan nilai signifikan (2-tailed) yakni 0,003 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Joyful Learning berbantuan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Kata Kunci : Joyful Learning, Ice Breaking, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:32
Last Modified: 26 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32181

Actions (login required)

View Item View Item