IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Muhammad, Ilham Jaya Kesuma (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD ILHAM JAYA KESUMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Moderasi beragama merupakan sikap yang mengambil jalan tengah atau bisa dikatakan netral demi tercapainya harmonisasi dalam kehidupan melalui perilaku saling menghargai dan menghormati seperti cara pandang, sikap serta praktek beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejewantahkan ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum pastinya berlandaskan prinsip adil, toleransi dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa. akidah akhlak merupakan suatu usaha untuk menerapkan kebiasaan dan baik bagi setiap peserta didik, memberikan nilai kesadaran dan keinginan dalam menjelaskan nilai positif bagi lingkungan sekitar, lingkungan keluarga maupun lingkungan kerja. Pengkajian nilai atau adab dalam berperilaku merupakan kegiatan yang memberikan semangat belajar, nilai positif serta bertujuan untuk mencapai peserta didik yang termotivasi dan menerapkan adab Islam. MAN 1 Bandar Lampung mempunyai program dan kebijakan dalam hal ini bimtek moderasi beragama. Dalam bimtek tersebut seluruh guru MAN 1 Bandar Lampung, bahkan semua tenaga pendidik dan kependidikan mengiktui kegiatan tersebut, untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang moderasi beragama sehingga memaksimalkan program yang memang menumbuhkan nilai moderasi sebagai bentuk pelaksanaan kebijakan Kementerian Agama. Namun memang membutuhkan proses yang jelas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif lapangan (field research). Metode penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak pada peserta didik di MAN 1 Bandar Lampung. Sumber data yang digunakan dibagi menjadi dua kelompok yaitu data utama (primer) dan data tambahan (sekunder). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai moderasi beragama Nilai-nilai moderasi beragama dalam iii pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bandar Lampung ditemukan dengan beberapa nilai yaitu nilai toleransi, berkeadaban, musyawarah, kesetaraan, muwatanah dan keteladanan. Proses penerapan pembelajaran nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bandar Lampung dilakukan mulai dari rancangan pembelajaran berupa RPP dengan materi bermuatan moderasi secara langsung berupa materi Akhlak Terpuji Tasāmuh (toleransi), Musāwah (persaamaan derajat), Tawasuth (moderat), dan Ukhuwwah (persaudaraan). Kemudian secara tidak langsung juga dilakukan melalui pembiasaan budaya kelas dan pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode ceramah sebagai penunjang kognitif dan metode diskusi sebagai penunjang aspek afektif pada peserta didik. Dampak penerapan pembelajaran nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Akidah Akhlak MAN 1 Bandar Lampung menurut persepsi guru masih belum menyentuh pada keseluruhan peserta didik karena hal tersebut membutuhkan proses yang cukup lama. Dampak musyawarah peserta didik bersikap terbuka perbedaan pendapat. Dampak keteladanan peserta didik semakin percaya diri dalam menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran. Dampak kesetaraan peserta didik menjadi peduli terhadap sesama serta tidak membedakan antar teman. Dampak berkeadaban peserta didik menjadi ramah, menghormati, serta disiplin mengikuti kegiatan keagamaan. Dampak muwatanah peserta didik lebih mencintai kekayaan budaya dan lebih disiplin mematuhi tata tertib madrasah walaupun masih banyak yang melanggar peraturan. Dampak toleransi peserta didik menghargai perbedaan dalam kepercayaan agama. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Akidah Akhlak, Peserta didik. iv ABSTRACT Religious moderation is an attitude that takes a middle path or can be said to be neutral in order to achieve harmony in life through behavior of mutual respect and respect, such as viewpoints, attitudes and religious practices in life together by embodying religious teachings that protect human dignity and build public benefit, of course based on principles. fairness, tolerance and obeying the constitution as a national agreement. Moral beliefs are an effort to implement good habits for each student, providing awareness and desire to explain positive values for the surrounding environment, family environment and work environment. The study of values or etiquette in behavior is an activity that provides enthusiasm for learning, positive values and aims to achieve students who are motivated and apply Islamic etiquette. MAN 1 Bandar Lampung has programs and policies in this regard, technical guidance for religious moderation. In this technical guidance, all MAN 1 Bandar Lampung teachers, even all teaching and education staff took part in this activity, to increase knowledge and insight about religious moderation so as to maximize the program which indeed fosters the value of moderation as a form of implementing Ministry of Religion policies. However, it does require a clear process. The type of research used by researchers in this research is descriptive qualitative field research. This research method was used to determine and describe the implementation of religious moderation values in learning moral beliefs among students at MAN 1 Bandar Lampung. The data sources used are divided into two groups, namely main (primary) data and additional (secondary) data. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. To test the validity of the data, researchers used source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. The results of the research show that the implementation of religious moderation values. The values of religious moderation in learning Aqidah Akhlak at MAN 1 Bandar Lampung were found with several values, namely the values of tolerance, civility, deliberation, equality, muwatanah and exemplary. The process of implementing learning the value of religious moderation in learning Aqidah Akhlak at MAN 1 Bandar Lampung is carried out starting from a learning v design in the form of a lesson plan with material containing direct moderation in the form of Praiseworthy Morals material Tasāmuh (tolerance), Musāwah (equality), Tawasuth (moderate), and Ukhuwwah (brotherhood). Then indirectly, this is also done through familiarizing with class culture and selecting the Problem Based Learning learning model with the lecture method as cognitive support and the discussion method as supporting affective aspects for students. According to the teacher's perception, the impact of implementing learning the values of religious moderation through learning the Aqidah Akhlak MAN 1 Bandar Lampung has not yet reached all students because this requires a fairly long process. The impact of deliberation is that students are open to differences of opinion. The impact of example is that students become more confident in expressing opinions during learning. The impact of equality is that students care about each other and do not differentiate between friends. The impact of civility is that students become friendly, respectful and disciplined in participating in religious activities. The impact of muwatanah is that students love cultural riches more and are more disciplined in obeying madrasa rules even though many still break the rules. The impact of tolerance on students respecting differences in religious beliefs. Keywords: Religious Moderation, Aqidah Akhlak, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:34
Last Modified: 26 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32179

Actions (login required)

View Item View Item