IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG

FIRMAN, AZIZ (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI KELAS VII MTs AL-MUHAJIRIN KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 3 5 NEW.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FIRMAN AZIZ SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: FIRMAN AZIZ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI KELAS VII MTs AL�MUHAJIRIN KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG Akhlak Akhlak merupakan prilaku manusia untuk terus berbuat baik maka tidak memiliki pembatasnya, ia melingkupi dan mencakup semua kegiatan, usaha, dan upaya manusia, yaitu dengan nilai-nilai perbuatan. Dalam perspektif Islam, akhlak itu komprehensif dan holistik, dimana dan kapan saja mesti berakhlak. Oleh sebab itulah meruapakan tingkah laku manusia dan tidak akan pernah berpisah dengan aktivitas manusia. di dalam kehidupan masyarakat, pembelajaran akidah akhlak mempunyai kedudukan yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah atau pendidikan, keluarga dan lingkungan umum lainnya. Seperti di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung pembentukan Akhlak menjadi kegaiatan terutama di sekolah terkhusu di Kelas VII saat pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian Ini ditunjukkan untuk menjawab hasil dari pembentuka akhlak siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data deskritif kualitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data angket dan wawancara. Data yang diambil dan dukumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas VII, analisis data dilakukan memalui tiga tahap pelaksanaan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yanag digunakan meliputi, iv perpanjangan waktu keterlibatan peneliti dalam proses penelitian, peningkatan ketekunan, triangulasi data dan asnlisi kasus negatif. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembinaan akhlak siswa kelas VII di MTs Al-Muhajirin Kecamatan Panjang Bandar Lampung dalam pembelajaran Akidah Akhlak memperoleh hasil cukup baik yang dimana pembinaan akhlak siswa tersebut mencakup aspek prilaku sebagian siswa sudah cukup baik. Akhlak yang baik juga sudah cukup baik sehingga membentuk akhlak yang baik di MTs Al-Muhajirin kategori baik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi keterampilan Aqidah Akhlak dalam membetuk akhlak siswa yang meliputi faktor pendukun dan faktor penghambat ialah, faktor pedukung yakni, kepercayaan diri, lingkungan rumah dan pergaulan sehari-hari siswa dengan teman sebayanya. Kata Kunci : Aqidah Akhlak, Membina Akhlak v ABSTRACT By: FIRMAN AZIZ IMPLEMENTATION OF AQIDAH AKHAK LEARNING IN BUILDING STUDENTS' MORALS IN CLASS VII MTs AL�MUHAJIRIN PANJANG DISTRICT, BANDAR LAMPUNG CITY Morals are human behavior to continue to do good so they have no boundaries, they encompass and include all human activities, efforts and endeavors, namely the values of actions. In the Islamic perspective, morals are comprehensive and holistic, wherever and whenever you must have morals. For this reason, it is human behavior and will never be separated from human activities. In community life, learning moral beliefs has a very influential position on the school or educational environment, family and other general environments. For example, at MTs Al-Muhajirin, Panjang District, Bandar Lampung City, the formation of Morals is an activity, especially in schools, especially in Class VII, when teaching Aqidah Akhlak. This research was intended to answer the results of the moral formation of class VII students at MTs Al-Muhajirin, Panjang District, Bandar Lampung City in learning Akidah Akhlak. The approach method used in this research is qualitative. In carrying out the research, researchers used qualitative descriptive data analysis techniques and qualitative data. Collecting questionnaire and interview data. The data taken and collected came from class teachers and class VII students. Data analysis was carried out through three implementation stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data used includes extending the time of researcher involvement in the research process, increasing persistence, data triangulation and original negative cases. The research results obtained show that the moral vi development of class VII students at MTs Al-Muhajirin, Panjang District, Bandar Lampung, in learning Aqidah Akhlak, obtained quite good results, where the moral development of students included aspects of the behavior of some students which were quite good. Good morals are also good enough to form good morals at MTs Al�Muhajirin in the good category. Meanwhile, the factors that influence Aqidah Moral skills in forming students' morals include supporting factors and inhibiting factors. Supporting factors are self-confidence, home environment and students' daily interactions with their peers. Keywords: Aqidah Morals, Building Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:26
Last Modified: 25 Jan 2024 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32177

Actions (login required)

View Item View Item