PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD/MI

NITA, APRIANI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang pengembangan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI. Rumusan masalah ini adalah tentang bagaimana mengembangkan media pembelajaran E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI?, bagaimana kelayakan E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI?, bagaimaana respon pendidik dan peserta didik terhadap E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI?, bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari Lembar Keja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini berupaya menggambarkan berupa fenomena yang terjadi di SD N 1 Sidokaton dan MIS MA Ladbbaw tentang bagaimana kelayakan E�LKPD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V SD/MI. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kelayakan E-LKPD berdasarkan penilaian ahli memperoleh sangat layak dengan persentase vali dari ahli materi 82,33%, ahli media 85,50% dan ahli bahasa 94,40%. Pendidik memberikan respon positif yaitu 94% dan peserta didik juga memperikan respom positif terhadap kemenarikan E-LKPD berbasis discovery learning dengan uji kelompok kecil 90,28% dan kelompok besar 92,42%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan , maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Keja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD/MI pada materi siklus air sangat layak dan berhasil mendapatkan respon positif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: E-LKPD, Berbasis Discovery Lerarn iii ABSTRACK Research on the development of electronic student worksheet (E-LKPD) learning media based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI. The formulation of this problem is about how to develop E-LKPD learning media based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI?, what is the feasibility of E-LKPD based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI?, how do educators respond? and students regarding E�LKPD based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI? How will student learning outcomes improve after using E-LKPD based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI? This research aims to determine the feasibility of discovery learning-based Electronic Student Worksheets (E-LKPD) to improve science learning outcomes for class V SD/MI. This research uses the ADDIE model. This research attempts to describe a phenomenon that occurred at SD N 1 Sidokaton and MIS MA Ladbbaw regarding the feasibility of E-LKPD to improve science learning outcomes in class V SD/MI. Based on the research that has been carried out, it is known that the feasibility of E-LKPD based on expert assessment in the criteria is very feasible with a valid percentage of material experts 82.33%, media experts 85.50% and language experts 94.40%. Educators gave a positive response, namely 94% and students also gave a positive response to the attractiveness of E-LKPD based on discovery learning with a small group test of 90.28% and a large group of 92.42%. Based on the results of research that researchers have conducted, it can be concluded that the Electronic Student Worksheet (E-LKPD) based on discovery learning to improve science learning outcomes for class V SD/MI on the water cycle material is very feasible and has succeeded in getting a positive response to be used as media. learning. Keywords: E-LKPD, Discovery Learning Based

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:00
Last Modified: 25 Jan 2024 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32176

Actions (login required)

View Item View Item