PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG

OLINVIA, SHELLA MEYDIANIS (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI OLINVIA SHELLA MEYDIANIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian cepat sehingga tanpa kita sadari sudah mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Selain itu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang mempunyai dampak yang positif bagi proses pembelajaran PAI tapi dapat juga berdampak negatif jika tidak dipergunakan sebagai mana mestinya khususnya pada alat komunikasi Smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Smartphone terhadap proses pembelajaran peserta didik kelas X di SMA 16 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif analisis yang ditujukan untuk mendesrifsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik berupa alami maupun rekayasa manusia dan ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research) yaitu mengumpulkan data dari objek yang diteliti. Adapun untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, interview (wawancara) dan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukan perhitungan menggunakan rumusan korelasi product moment, secara operasional analisis data, ternyata angka korelasi antara variabel X dan variabel Y bertanda positif dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh yaitu sebesar 0,576. Kemudian pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai “r” tabel sebesar 0,297, dan pada taraf signifikan 1% diperoleh nilai sebesar 0,361. ternyata rxy yang (besarnya = 0,576) adalah jauh lebih besar daripada “r” tabel (yang besarnya 0,297 dan 0,361). Karena rxy lebih besar dari “r” tabel, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Adapun penghitungan Koefisien Determinasi (KD) yaitu r² x 100% = 0,576² x 100% dengan KD sebesar 33,2%. Maka dapat diketahui bahwa penggunaan Smartphone mempengaruhi proses pembelajaran PAI Siswa sebesar 33,2% yang artinya smartphone pengaruh tidak berpengaruh buruk terhadap proses pembelajaran PAI Siswa. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang sedang antara penggunaan Smartphone terhadap proses pembelajaran PAI Siswa siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Kata Kunci: Smartphone, Proses Pembelajaran, PAI iii ABSTRACT The development of information and communication technology has become so rapid that without us realizing it, it has influenced every aspect of human life. Apart from that, the development of information and communication technology does have a positive impact on the PAI learning process but can also have a negative impact if it is not used properly, especially on smartphone communication tools. The aim of this research is to determine the effect of using smartphones on the learning process of class X students at SMA 16 Bandar Lampung. This research uses quantitative research using descriptive statistical analysis methods which are aimed at describing or describing existing phenomena, both natural and human engineering and supported by data obtained through field research, namely collecting data from objects that researched. To obtain the necessary data, researchers used data collection techniques including observation, interviews and questionnaires. The results of the research show that calculations use the product moment correlation formula, operationally analyzing the data, it turns out that the correlation number between variable Then at the 5% significance level, the "r" table value is 0.297, and at the 1% significance level, the value is 0.361. It turns out that rxy (magnitude = 0.576) is much larger than the "r" table (which is 0.297 and 0.361). Because rxy is greater than "r" in the table, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. The calculation of the Coefficient of Determination (KD) is r² x 100% = 0.576² x 100% with a KD of 33.2%. So it can be seen that the use of smartphones influences students' PAI learning process by 33.2%, which means that smartphones do not have a bad effect on students' PAI learning processes. This means that there is a moderate positive correlation between the use of smartphones and the PAI learning process for class X students at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Keywords: Smartphone, Learning Process, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:10
Last Modified: 25 Jan 2024 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32171

Actions (login required)

View Item View Item