PENGEMBANGAN MEDIA HANDOUT BILINGUAL BERBASIS ANYFLIP PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IV SD/MI

RISKI, FANI DARMAYANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA HANDOUT BILINGUAL BERBASIS ANYFLIP PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RISKI FANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang peneliti temukan dikedua sekolahan, yakni belum adanya bahan ajar lain yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media handout bilingual berbasis anyflip pada mata Pelajaran seni Budaya kelas IV, mengetahui kelayakan media Handout bilingual sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dan untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik tentang handout bilingual berbasis anyflip pada pembelajaran seni budaya kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang telah dikembangkan sebelumnya yakni mode; ADDIE yang terdiri dari lima Langkah. Kelima Langkah tersebut ialah: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrument pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ketiga validator yakni validator ahli media, ahli Bahasa, dan ahli materi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, angket tanggapan pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan media pembelajaran oleh validator ahli materi mendapatkan persentase 81% dengan kriteri ―sangat layak‖, dari validator ahli media mendapatkan presentase 89,1% dengan kriteria ―sangat layak‖, dan dari validator ahli Bahasa mendapatkan presentase 91,1% dengan kriteria ―sangat layak‖ kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 84,6% dengan kriteria ―sangat layak‖ pada skala besar mendapatkan 93,3% dengan ktiteria ―sangat layak‖ dan respon pendidik mendapatkan 84% dengan kriteria ―sangat layak‖. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Seni Budaya, Handout Bilingual, Media Pembelajaran, Anyflip. iv ABSTRACT This research was conducted based on the problems that researchers found in both schools, namely the absence of other teaching materials used by educators in the learning process. This research aims to develop anyflip-based bilingual handout media in class IV arts and culture subjects, knowing the feasibility of bilingual handout media as a learning media in the teaching and learning process and to find out the responses of educators and students regarding anyflip-based bilingual handouts in class IV cultural arts learning. This research uses research and development (RnD) methods. The development procedure follows a previously developed procedure, namely mode; ADDIE which consists of five steps. The five steps are: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection instrument is in the form of a questionnaire given to the three validators, namely media expert validator, language expert and material expert, which aims to determine the level of product feasibility, teacher response questionnaire and student response questionnaire. The results of the research show that the feasibility value of learning media by material expert validators got a percentage of 81% with the criteria "very feasible", from media expert validators it got a percentage of 89.1% with the criteria "very feasible", and from language expert validators it got a percentage of 91.1 % with the criteria "very feasible" then from the small scale student responses they got 84.6% with the criteria "very worthy" on the large scale they got 93.3% with the criteria "very worthy" and the teacher's response got 84% with the criteria "very worthy ”. In this way, the products developed by researchers can be used and support the learning process. Keywords: Cultural Arts, Bilingual Handouts, Learning Media, Anyflip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:12
Last Modified: 24 Jan 2024 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item View Item