PERSEPSI PELAKU USAHA TERHADAP PELAYANAN LABEL HALAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Pada Pelaku Usaha Olahan Makanan di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023)

EFRILLUDIN, HENDRI (2024) PERSEPSI PELAKU USAHA TERHADAP PELAYANAN LABEL HALAL OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Pada Pelaku Usaha Olahan Makanan di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Efril bab 1 & 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Efrilludin full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI PELAKU USAHA TERHADAP PELAYANAN LABEL HALAL BADAN PENYELENGGARA JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Pada Pelaku Usaha Olahan Makanan di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023) Oleh EFRILLUDIN Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi setiap rakyat Indonesia. Pangan harus senantiasa tersedia secara cukup, aman, bermutu, bergizi, dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat, serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berwenang untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan Jaminan Produk Halal (JPH), menetapkan norma, standar, prosedur, dan kriteria JPH serta menerbitkan dan mencabut Sertifikat Halal dan Label Halal pada produk dalam suatu daerah atau suatu kota. untuk kewenangan penjaminan produk halal BPJPH berkerjasama dengan kementrian agama daerah dalam sertifikasi Auditor Halal, Penetapan Kehalalan Produk dan akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), ini diatur dalam Peraturan Presiden tahun 2015 Nomor 83 tentang Kementrian Agama yang didalamnya memuat tentang BPJPH dan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang struktur Kementerian Agama yang didalamnya memuat BPJPH, yaitu PMA no.42/Tahun 2016. Dalam menjalankan pelayanan sertifikasi halal di tingkat Kecamatan maka dibentuklah Pendamping Produk Halal (PPH) namun dalam proses pelayanannya tentu tidak bisa terlepas dari dukungan dan partisipasi Pelaku Usaha, di lapangan peneliti menemukan banyak pelaku usaha mengeluhkan lamanya sertifikasi halal terbit sehingga menimbulkan persepsi dalam pelayanan sertifikasi halal oleh Pendamping Produk halal (PPH) pembahasan dalam penelitian ini membahas tentang persepsi dari pelaku usaha terhadap sertifikasi halal dan untuk melihat bagaimana pelayanan dari Pendamping Produk Halal (PPH) dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tupoksi dari BPJPH, Dalam penulisan skripsi ini digunakan jenis penelitian lapangan ( field research), yang bersifat deskriptif analisis yaitu penelitian yang menuturkan dan menguraikan data yang bersumber dari data primer melalui observasi, wawancara, maupun laporan dalam bentuk dokumen, dan data sekundur dengan mengadakan studi pustaka (library reaseach) berupa peraturan perundang-undangan, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainya. Hasil dari penelitian ini untuk menujukan bahwa persepsi dari pelaku usaha terhadap sertifikasi halal menghasilkan persepsi Positif kemudian Pelayanan dari Pendamping Produk Halal (PPH) yang bertugas di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat sangat baik. Kata Kunci: Persepsi Pelaku Usaha, Pelayanan Label Halal. ABSTRACT BUSINESS PERCEPTIONS OF HALAL LABEL SERVICES OF HALAL PRODUCT GUARANTEE ORGANIZING AGENCY (Study of Food Processed Business Actors in Pesisir Tengah District, Pesisir Barat Regency in 2023) By EFRILLUDIN Food is the most important basic human need and its fulfillment is part of the human rights of every Indonesian people. Food must always be available in sufficient, safe, high quality, nutritious and diverse at prices that are affordable for people's purchasing power, and do not conflict with people's religion, beliefs and culture. The Halal Product Guarantee Organizing Body (BPJPH) has the authority to formulate and establish Halal Product Guarantee (JPH) policies, establish JPH norms, standards, procedures and criteria as well as issue and revoke Halal Certificates and Halal Labels on products in a region or city. For the authority to guarantee halal products, BPJPH collaborates with regional religious ministries in Halal Auditor certification, Product Halal Determination and Halal Inspection Institution (LPH) accreditation. PMA) regarding the structure of the Ministry of Religion which includes BPJPH, namely PMA no. 42/2016. In carrying out halal certification services at the sub-district level, a Halal Product Companion (PPH) was formed, but in the service process of course it cannot be separated from the support and participation of Business Actors , in the field, researchers found that many business actors complained about the length of time halal certification was issued, which gave rise to perceptions regarding halal certification services by Halal Product Assistants (PPH). The discussion in this research discusses the perceptions of business actors regarding halal certification and to see how the service from Halal Product Assistants is ( PPH) in carrying out its duties and functions as the main tasks and functions of BPJPH. In writing this thesis, field research is used, which is descriptive analysis, namely research that tells and describes data sourced from primary data through observation, interviews, as well as reports in the form of documents, and secondary data by conducting library research in the form of statutory regulations, documents as well as books and other scientific works. The results of this research show that the perception of business actors towards halal certification produces a positive perception and then the service from the Halal Product Assistant (PPH) who works in Pesisir Tengah District, Pesisir Barat Regency is good. Keywords: Perception of Business Actors, Halal Label Services.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:07
Last Modified: 24 Jan 2024 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32160

Actions (login required)

View Item View Item