PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG, LAMPUNG SELATAN

RIKA, PUSPITA DEWI (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP AL-HUDA JATIAGUNG, LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA PUSPITA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan ini dilatarbelakangi oleh sering munculnya permasalahan peserta didik yang kurang percaya diri. Maka dari sinilah peneliti mengadakan penelitian apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan. Percaya diri merupakan sikap positif yang dimiliki oleh individu yang mengaplikasikan dirinya dalam mengembangkan nilai-nilai positif baik terhadap diri sendiri ataupun terhadap situasi dan lingkungan yang dihadapinya untuk menerapkan hal-hal yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif dalam meningkatkan percaya diri peserta didik di SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode desain penelitian pre-eksperiment one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner/angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan dengan jumlah 30 Peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan melalui penyebaran angket percaya diri dan didapat 6 peserta didik dengan percaya diri yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian di Sekolah SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan. Dapat peneliti simpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap percaya diri peserta didik berpengaruh dan mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan sesudah pemberian layanan berdasarkan analisis data dan hasil pretest menggunakan instrumen berupa kuesioner/angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 406 dengan mean rata-rata sebesar 67,6. Kemudian setelah mendapatkan layanan iii konseling kelompok menggunakan teknik latihan asertif, peserta didik diberikan posttest menggunakan instrumen yang sama dan mendapatkan skor sebesar 707 dengan mean rata-rata 117,8. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon signed ranks test, didapat Zhitung dari sampel yang diambil di kelas VIII B sebesar -2,207b dan nilai asymp.sig.(2 tailed) 0,027. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik latihan asertif dapat berpengaruh meningkatkan percaya diri peserta didik di sekolah SMP Al-Huda Jatiagung, Lampung Selatan. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Latihan Asertif, Percaya Diri iv ABSTRACT Research on the influence of group counseling services with assertive training techniques in increasing students' self-confidence at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung was motivated by the frequent emergence of problems of students lacking self�confidence. So this is where researchers conducted research to see whether there was an effect of group counseling services with assertive training techniques in increasing students' self-confidence at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung. Self-confidence is a positive attitude possessed by individuals who apply themselves in developing positive values both towards themselves and towards the situations and environments they face in order to implement the desired things. The aim of this research is to determine the effect of implementing group counseling services with inner assertive training techniques increase the self-confidence of students at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung. The type of research used is quantitative, with a pre-experiment research design method, one group pretest-posttest design. This research uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews, observation and documentation. The population in this study were students in class VIII B of Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung with a total of thirty students. Sampling was carried out by distributing self-confidence questionnaires and obtained six students with low self-confidence. Based on the results of research at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung. Researchers can conclude that group counseling services with assertive training techniques have an effect on students' self-confidence and change for the better. This has been proven by the results of the pretest and posttest which were carried out before and after providing services based on data analysis and pretest results using instruments in the form of questionnaires, students got a score of 406 with an average mean of 67,6. Then after receiving group counseling services using assertive training v techniques, students were given a posttest using the same instrument and got a score of 707 with an average of 117.8. The test results using the Wilcoxon signed ranks test, obtained Zcount from samples taken in class VIII B of -2.207b and an asymp.sig.(2 tailed) value of 0,027. It can be concluded that group counseling services with assertive training techniques can have an effect on increasing students' self�confidence at Al-Huda Jatiagung Middle School, South Lampung. Keywords: Group Counseling, Assertive Training, Self-Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:01
Last Modified: 24 Jan 2024 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32159

Actions (login required)

View Item View Item