TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN JASA PENCAIRAN LIMIT KREDIVO (Studi Pada Akun Twitter Penyedia Jasa Pencairan @hafyyy9)

ASMI, ESHA PUTRI MELKA (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN JASA PENCAIRAN LIMIT KREDIVO (Studi Pada Akun Twitter Penyedia Jasa Pencairan @hafyyy9). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ASMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kredivo adalah aplikasi kredit instan yang memberikan kemudahan untuk bertransaksi dengan sistem bayar nanti dalam 30 hari atau cicilan 3, 6, sampai 12 bulan dengan bunga 0% sampai 2.6% setiap bulannya. Banyaknya jasa pencairan limit kredivo yang bermunculan padahal hal tersebut melanggar hukum karena limit yang diberikan hanya boleh dipakai untuk berbelanja buka untuk dicairkan menjadi uang membuat peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penentuan jasa pencairan limit kredivo tersebut. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik penentuan jasa pencairan limit kredivo di akun penyedia jasa @hafyyy9 dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik penentuan jasa pencairan limit kredivo pada akun penyedia jasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik dan juga mengkaji tinjauan hukum islam terhadap praktik penentuan jasa dalam pencairan limit kredivo pada akun twitter penyedia jasa @hafyyy9. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah penelitian yang mengangkat data dan permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan berdasarkan metode analisis kualitatif yang berupa prosedur yang menghasilkan data deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terpenuhinya akad Ujrah A’mal akan tetapi juga mengakhiri akad tersebut karna objek yang telah rusak karena mengandung riba sehingga menjadi salah satu alasan berakhirnya akad tersebut, seperti yang kita ketahui riba sangat dilarang di hukum islam, selain dilarang dalam hukum islam, pencairan limit ini juga dilarang dalam hukum yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam PBI No.14/2/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:55
Last Modified: 23 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32152

Actions (login required)

View Item View Item