ANALISA METODE QIROAH UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA DUSUN ENDAH MURNI KELURAHAN BANDAR SAKTI

Noor, Muhammad Rois Ma‟aruf Am (2024) ANALISA METODE QIROAH UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN DI MADRASAH DINIYAH NURUL HUDA DUSUN ENDAH MURNI KELURAHAN BANDAR SAKTI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Noor Muhammad Rois Ma’aruf Am.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Metode Qiroah adalah metode membaca Al-Qur‟an yang langsung memakai atau mempraktekkan bacaan tartil yang sesuai dengan qoidah ilmu tajwid yang praktis, sederhana dan juga dapat sedikit demi sedikit yang artinya tidak menambahkan ke halam selanjutnya sebelum membaca dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Qiroah untuk ketermapilan membaca Al-Qur‟an santri di Madrasah Diniyah Nurul Huda Dusun Endah Murni. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini akan menggambarkan pelaksanaan metode qiraah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‟an. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Madrasah Diniyah Nurul Huda Dusun Endah Murni. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah emtode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian fakta dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa metode Qiroah dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Quran santri dengan bukti adanya peningkatan santri dalam membaca Al-Quran jika dibandingkan dengan sebelumnya. Dalam pelaksanaan metode Qiroah ini yaitu dengan mencontohkan bacaan yang benar yang kemudian siswa membaca bersama-sama. Sehingga dengan metode Qiroah santri dapat mengetahui bagaimana cara membaca yang benar dan dapat belajar dengan menyenangkan. Kata Kunci : Metode Qiroah, Keterampilan Membaca, Keterampilan Membaca Al-Qur’an iv ABSTRACT The Qiroah method is a method of reading the Al-Qur'an that directly uses or practices tartil reading in accordance with the qoidah of the science of tajwid which is practical, simple and can also be done little by little, which means not adding to the next page before reading fluently. This research aims to find out how the Qiroah method is implemented for students' Al-Qur'an reading skills at Madrasah Diniyah Nurul Huda Dusun Endah Murni. This type of research is field research (field research) In this research, we will describe the implementation of the qiraah method in improving Al-Qur'an reading skills. Meanwhile, this research is descriptive in nature. The research was conducted at Madrasah Diniyah Nurul Huda Dusun Endah Murni. The data collection techniques used were interview, observation and documentation methods. The data analysis techniques used are data collection, presenting facts and drawing conclusions. The results of the research conducted by the researcher can be concluded that the Qiroah method can improve the students' Al-Quran reading skills with evidence of an increase in the students' ability to read the Al-Quran when compared to before. In the implementation of the Qiroah method, that is by exemplifying the correct reading which the students then read together. So that with the Qiroah method, students can learn how to read correctly and can learn in a fun way. Keywords: Qiroah Method, Reading Skills, Al-Qur'an Reading Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:39
Last Modified: 23 Jan 2024 08:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32147

Actions (login required)

View Item View Item