IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMKN 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

HAMIDAH, Jumhadi (2024) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMKN 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HAMIDAH.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan islam merupakan suatu hal yang menjadi urgensi dikalangan anak muda, di era maraknya aplikasi digital yang akan mempengaruhi moralitas dan karakter peserta didik. Dalam hal ini ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan nilai-nilai Pendidikan islam terhadap peserta didik, guna menjadikan peserta didik menjadi manusia yang berakhlak serta taat terhadap Allah Swt, dengan begitu maka pengaruh perkembangan zaman tidak akan mempengaruhi moralitas peserta didik. Penerapan nilai Pendidikan islam ini dapat dilakukan dengan pembelajaran formal maupun non formal. Kegiatan ekstrakuliler pramuka menjadi salah satu cara yang tepat dalam menanamkan nilai Pendidikan islam. Karena dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakulikuler pramuka memiliki tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan islam yaitu membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, peduli terhadap sesama, dan yang paling utama adalah dapat menjaga hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMKN 1 Merbau Mataram Lampung Selatan dan proses implementasi nilai Pendidikan islam dalam kegiatan ekstrakulikler pramuka di SMKN 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan di validasi dengan triangulasi, dan dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data, dan di verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu, nilai Pendidikan islam mencakup nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang dilaksanakan di SMKN 1 Merbau Mataram Lampung Selatan, nilai Pendidikan islam diimplementasikan dengan baik. nilai keimanan diimplementasikan dalam bentuk keyakinan terhadap allah Swt dengan melaksanakan do’a Bersama sebelum memulai kegiatan agar dipermudah segala urusan, bertadabbur alam dengan melakukan hiking dan perkemahan guna meningkatkan keyakinan bahwa allah Swt adalah sang maha pencipta,dan menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap ciptaan Allah Swt, nilai ibadah diimplementasikan dengan sholat berjama’ah, membaca al-qur’an, berdzikir bersama, peduli terhadap teman yang kesulitan, dan belajar dengan tekun sebagai bentuk ibadah, nilai akhlak diimplementasikan dengan berperilaku sopan baik dari ucapan maupun perbuatan, mematuhi peraturan, dan disiplin. Dalam pelaksanaannya setiap kegiatan yang dilakukan tentu selalu ada faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Faktor pendukung implementasi nilai Pendidikan islam di SMKN 1 Merbau Mataram yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah, baik dukungan sarana maupun prasarana yang memadai, dukungan dari guru, dukungan dari orang tua, dan tentunya dukungan dari siswa, meskipun tidak semua siswa ikut berpartisipasi. Faktor penghambatnya yaitu dari faktor waktu pelaksanaan, kegiatan pramuka yang dilaksanakan pada jam pulang membuat siswa membolos dan tidak mengikuti kegiatan pramuka, tetapi dalam hal ini pihak sekolah maupun Pembina pramuka tetap berusaha untuk mengoptimalkan kegiatan ekstrakulikuler pramuka, guna mensuksesnya proses implementasi nilai Pendidikan islam dalam kegiatan ekstraulikuler pramuka di SMKN 1 Merbau Mataram, guna menciptakan peserta didik yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, cinta tanah air, dan taat kepada Allah Swt. Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Ekstrakulikuler Pramuka iv ABSTRACT Islamic education is something that is becoming urgent among young people, in the era of the rise of digital applications which will influence the morality and character of students. In this case, there are many ways that can be done to apply the values of Islamic education to students, in order to make students into human beings who have morals and obey Allah SWT, in this way the influence of the times will not affect the morality of students. The application of Islamic education values can be done through formal and non�formal learning. Scout extracurricular activities are one of the right ways to instill the values of Islamic education. Because in its implementation, scout extracurricular activities have the same goals as the goals of Islamic education, namely forming a personality with noble character, upholding the noble values of the nation, caring for others, and most importantly being able to maintain relationships with fellow humans and relationships with Allah SWT. This research aims to determine the implementation of scout extracurricular activities at SMKN 1 Merbau Mataram South Lampung and the process of implementing Islamic education values in scout extracurricular activities at SMKN 1 Merbau Mataram Lampung Selatan. This research uses a qualitative approach with a descriptive qualitative research type. In collecting data, this research used observation, interview and documentation methods and was validated by triangulation, and analyzed by stages of data reduction, data display and verification. The results of the research carried out are that the value of Islamic education includes the value of faith, the value of worship, and the value of morals. In scout extracurricular activities carried out at SMKN 1 Merbau Mataram South Lampung, the values of Islamic education are implemented well. practicing nature by going hiking and camping to increase belief that Allah Swt is the Almighty Creator, and studying diligently as a form of worship, moral values are implemented and maintaining environmental cleanliness as a form of concern for creation.. In the implementation of every activity carried out, there are always supporting and inhibiting factors. Supporting factors for implementing Islamic education values at SMKN 1 Merbau Mataram are support from the school, including support for adequate facilities and infrastructure, support from teachers, support from parents, and of course support from students, although not all students participate. The inhibiting factor is the implementation time factor, scout activities which are carried out at home time cause students to skip class and not take part in scout activities, but in this case the school and scout coaches are still trying to optimize scout extracurricular activities, in order to make the process of implementing Islamic education values successful in activities. Scout extracurricular at SMKN 1 Merbau Mataram, in order to create students who have noble character, noble character, love their homeland, and are obedient to Allah SWT. Keywords: Value of Islamic Education, Scout Extracurriculars

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:28
Last Modified: 23 Jan 2024 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32144

Actions (login required)

View Item View Item