EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

VERAWATY, YUNITA (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NENG.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Disiplin belajar adalah sikap peserta didik yang terbentuk melalui proses pengajaran atau pelatihan dari serangkaian perubahan perilaku yang mencangkup perubahan berperilaku, sikap, dan tindakan yang sesuai dengan standar sosial dan menunjukkan nilai-nilai ketaatan dan keteraturan. Pemberlakuan peraturan dan tata tertib dengan menanamkan etika serta norma sehingga tercipta suasana belajar yang tertib, aman, tenang, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan taknik reinforcement efektif untuk meningkatkan Disiplin belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre Ekspeimental dengan jenis one group pretest and posttest design, seringkali dipandang sebagai eksperimen yang tidak sebenarnya, oleh karena itu sering disebut juga dengan istilah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung yang memiliki kategori disiplin belajar rendah dan sangat rendah. Hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar pada peserta didik sebelum mengikuti layanan konseling kelompok menggunakan teknik reinforcement adalah 53,1 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement dengan skor 96,3. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan disiplin belajar peserta didik selelah melaksanakan konseling kelompok dengan teknik Reinforcement dengan diperoleh (df) 9 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,262 maka thitung ≥ ttabel (21,147 ≥ 2,262) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dan konseling kelompok dengan teknik reinforcement dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Reinforcement, Layanan Konseling Kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2018 06:58
Last Modified: 19 Feb 2018 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item