PERANAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA TERHADAP PENERTIBAN TUNAWISMA DISABILITAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Kota Bandar Lampung)

DWI, RAHAYU (2024) PERANAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA TERHADAP PENERTIBAN TUNAWISMA DISABILITAS DI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pengemis adalah seseorang yang meminta bantuan, derma, sumbangan, baik kepada perorangan atau lembaga. Hal yang mendorong seseorang untuk mengemis salah satu faktor penyebabnya dikarenakan mudah dan cepatnya hasil yang didapatkan. Pengemis tidak sesuai dengan Norma kehidupan Bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Peraturan Daerah (Perda) merupakan salah satu jenis peraturan perundang�undangan, fungsinya sangat strategis yaitu sebagai instrumen kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah. Sering kita melihat pengemis yang berada di sekitar fasilitas umum Kota Bandar Lampung, bahkan mengemis sudah mereka anggap sebagai profesi yang keberadaannya dianggap mengganggu aktifitas masyarakat seharihari, keberadaan mereka dianggap mengganggu ketentraman dan ketertiban umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Satuan Polisi Pamong Praja Terhadap Penertiban Tunawisma Disabilitas Di Kota Bandar Lampung dan Bagaimana Peranan Satuan Polisis Pamong Praja Terhadap Penertiban Tunawisma Disabilitas Di Kota Bandar Lampung Dalam Prespektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Peranan Satuan Polisi Pamong Praja Terhadap Penertiban Tunawisma Disabilitas Di Kota Bandar Lampung dan Untuk Mengetahui Bagaimana Peranan Satuan Polisi Pamong Praja Terhadap Penertiban Tunawisma Disabilitas Di Kota Bandar Lampung Dalzm Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan di dampingi penelitian kepustakaan (library research). Dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data skunder dan data primer dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis data secara analisis kualitatif dengan cara berpikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian Peranan Satpol PP dalam menertiban Tunawisma Disabilitas di Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan Peraturan Daerah tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. Namun belum berjalan dengan optimal, karena di iii tempat penelitian masih ditemukannya faktor penghambat salah satunya seperti kurangnya Armada yang diperlukan untuk kegiatan penertiban tunawisma di Kota Bandar Lampung. Peranan penertiban tunawisma disabilitas oleh Satpol PP Kota Bandar Lampung di tinjau dari Fiqh Siyasah Tanfidziyah sudah sesuai dengan kriteria kepemimpinan seperti terikat pada tujuan, menjunjung tinggi syariah dan akidah islam, memegang teguh Amanah, serta disiplin. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Satpol PP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:44
Last Modified: 23 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32137

Actions (login required)

View Item View Item