TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM PEMBINAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DI BAWAH UMUR TERPIDANA NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung)

YOHANA, SAPUTRI (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM PEMBINAAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DI BAWAH UMUR TERPIDANA NARKOTIKA (Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOHANA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Anak di bawah umur yang terpidana narkotika belum mendapatkan pembinaan dan perlindungan yang maksimal dari lembaga pembinaan khusus anak. Di LPKA terdapat kegiatan pembinaan kemandirian seperti barber shop namun sarana dan prasarana kurang memadahi jadi harus mendatangkan dari luar dengan imbalan sewa. Selain itu kualitas petugas yang kurang professional juga menjadi sebab pembinaan menjadi kurang maksimal. Persoalan inilah yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Pembinaan dan Perlindungan Anak di Bawah Umur Terpidana Narkotika di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung dan bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Pembinaan Dan Perlindungan Anak di Bawah Umur Terpidana Narkotika di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Terhadap Pembinaan dan Perlindungan Anak di Bawah Umur Terpidana Narkotika di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung dan untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Pembinaan Dan Perlindungan Anak di Bawah Umur Terpidana Narkotika di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang juga didampingi dengan penelitian kepustakan (library research). Dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data skunder dan data primer dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis data secara analisis kualitatif dengan cara berpikir deduktif. iii Berdasarkan hasil penelitian Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dalam Pembinaan Dan Perlindungan Anak di Bawah Umur Terpidana Narkotika di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandar Lampung yang membina serta mengarahkan narapidana untuk mengenal bakat dan minat narapidana sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang pemasyarakatan, namun masih belum optimal. Hal ini dilihat dari sarana dan prasarana yang kurang memadahi serta kualitas petugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Bandar Lampung yang masih belum profesional. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandar Lampung dalam melaksanakan pembinaan narapidana penyalahgunaan narkotika tidak menyimpang dari tujuan agama. LPKA sudah melaksanakan amanah yang sesuai hukum Islam dan prinsip fiqh siyasah tanfidziyah sebagai pelaksana kewajiban penguasa dalam memberikan sanksi dan pembinaan. Kata kunci : Pembinaan,LPKA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:39
Last Modified: 23 Jan 2024 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32135

Actions (login required)

View Item View Item