PENERAPAN GREEN ECONOMY DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi PT.Tirta Investama Kabupaten Tanggamus)

Juwita, Surya Astuti (2024) PENERAPAN GREEN ECONOMY DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi PT.Tirta Investama Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full Juwita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan adanya isu mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi akibat dari pengembangan ekonomi pada saat ini dengan itu Melalui strategi Green Economy demi terwujudnya pembangunan berkelanjutan dengan berbagai pengupayaan yang dilakukan. Dimana telah tertuang dalam islam tujuan akhir manusia adalah kemaslahatan di dunia dan diakhirat dimana setiap kegiatannya tertuang dalam maqashid syariah serta melaksanakan kegiatan ekonomi yang dengan tetap menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Green Economy dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dalam persepektif Maqashid Syariah Pada Pt. Tirta Investama Kabupaten Tanggamus.Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif, sumber data yaitu data primer dan data skunder dengan jenis data yang terdapat dalam laporan keberlanjutan Pt. Tirta Investama Kabupaten Tanggamus. Hasil temuan peneliti menunjukan bahwasannya Penerapan Green Economy Pada PT. Tirta Investama Kabupaten Tanggamus yang dilakukan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan sudah sesuai dan sejalan dengan pilar yang terdapat dalam Maqashid Syariah dengan mengedepankan prinsip dasar dan hukum dalam Maqashid Syariah Kata kunci: Green Economy, Pembangunan Berkelanjutan, Maqashid Syariah. ABSTRACT With the issue of environmental problems that occur as a result of current economic development, the Green Economy strategy is aimed at realizing sustainable development with the various efforts being made. Where it is stated in Islam that the ultimate goal of humans is benefit in the world and the hereafter where every activity is stated in the maqashid sharia as well as carrying out economic activities while maintaining a sustainable environment. The aim of this research is to find out how the Green Economy is implemented in realizing sustainable development from a Maqashid Syariah perspective at Pt. Tirta Investama Tanggamus Regency. This research uses qualitative research, the data sources namely primary data and secondary data with the type of data contained in the sustainability report of Pt. Tirta Investama Tanggamus Regency. The results of the researchers' findings show that the implementation of the Green Economy at PT. Tirta Investama Tanggamus Regency which is carried out in realizing sustainable development is in accordance and in line with the pillars contained in Maqashid Syariah by prioritizing the basic principles and laws in Maqashid Syariah. Keywords: Green Economy, Sustainable Development, Maqashid syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:57
Last Modified: 23 Jan 2024 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32124

Actions (login required)

View Item View Item