PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP REMAJA DI KELURAHAN TANJUNG AGUNG RAYA BANDAR LAMPUNG

M. ZULKIFLI, Abdul Jalil (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP REMAJA DI KELURAHAN TANJUNG AGUNG RAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ZULKIFLI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua merupakan mitra kerja guru bagi anak, dan orang tua merupakan guru utama yang menggunakan segala ketrampilannya untuk kepentingan diri sendiri, anak, dan program yang dilaksanakan anak itu sendiri, orang tua, anak. Dan program sekolah merupakan bagian dari proses yang membentuk perkembangan seorang anak, selain itu, orang tua juga mempunyai peran dalam mendukung dan meningkatkan tumbuh kembang anak sejak dini, karena ini merupakan tahap awal berkembangnyapotensi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam terhadap remaja di Keluarahan Tanjung Agung Raya Bandar Lampung. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif, penelitian yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Dan deskriptif adalah memuat pengetahuan ilmiah adan memberikan gambaran mengenai peran orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas orang tua di Keluarhan Tanjung Raya berperan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak-anaknya terbukti berdasarkan hasil obesrvasi dan wawancara langsung kepada orang tua dan juga kepada anak-anak. Para Orang tua menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti nilai Akidah, nilai Ibadah dan nilai Akhlak. Meskipun orang tua memiliki banyak hambatan-hambatan dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya terlebih mayoritas orang tua sedikit mempunyai waktu sedikit bersama keluarga dan menyerahkan kepada guru privat akan tetapi tetap dalam pantauan orang tua namun tetap saja orang tua selalu ingin melihat kebaikan�kebaikan dan keberhasilan pada diri anak-anak mereka. Yang menjadi penghambat yang dihadapi para orang tua dalam menanamkan nilai�nilai pendidikan Islam adalah sebagai berikut : Faktor Internal, yaituhambatan yang berasal dari keluarga itu sendiri seperti, pendidikan orang tua, kesibukan orang tua, dan dari anak itu sendiri. Faktor Internal, yaitu hambatan yang datangnya dari luar rumah tangga atau keluarga. Adapun faktor ini meliputi : faktor lingkungan, media massa dan media sosia Kata kunci: Orang tua, Nilai-nilai pendidikan islam iv ABSTRACT Parents are teachers' working partners for children, and parents are the main teachers who use all their skills for the benefit of themselves, their children, and the programs implemented by the children themselves, parents, and children. And school programs are part of the process that shapes a child's development. Apart from that, parents also have a role in supporting and improving children's growth and development from an early age, because this is the initial stage of developing the potential of early childhood. This research aims to determine the role of parents in instilling the values of Islamic education in teenagers in the Tanjung Agung Raya Village, Bandar Lampung. This research uses qualitative methods, research that investigates social phenomena and human problems. And descriptive means containing scientific knowledge and providing an overview of the role of parents. The research results show that the majority of parents in Tanjung Raya Village play a role in instilling Islamic educational values in their children, as proven based on the results of observations and direct interviews with parents and also with children. Parents instill Islamic educational values such as Aqidah values, Worship values and Moral values. Even though parents have many obstacles in educating and guiding their children, the majority of parents have little time with their families and leave them to private teachers, but they are still under the supervision of parents, but parents always want to see goodness and success. in their children. The obstacles that parents face in instilling the values of Islamic education are as follows: Internal factors, namely obstacles that come from the family itself, such as parental education, parents' busy lives, and from the children themselves. Internal factors, namely obstacles that come from outside the household or family. These factors include: environmental factors, mass media and social media. Keywords: Parent, The values of Islamic education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:32
Last Modified: 23 Jan 2024 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32120

Actions (login required)

View Item View Item