PENGARUH INTERNET MARKETING DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Ladyfame Shop)

Candra, Rieo (2018) PENGARUH INTERNET MARKETING DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Konsumen Ladyfame Shop). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_RIEO.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan penting dalam bisnis, sehingga penggunaanya juga semakin bervariasi, dan ini menjadi kebutuhan unik di setiap perusahaan. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indoensia (APJII) menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2016 sebesar 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta jiwa. Konten komersial yang paling sering dikunjungi adalah online shop sebesar 62% atau sebanyak 82,2 juta user. Penggunaan Internet marketing diyakini efektif untuk mengenalkan keberadaan suatu produk kepada konsumen secara luas dan menjadikan merek produk tersebut menjadi top of mind dalam benak konsumen dan menjadikannya sebagai brand preference ketika hendak melakukan keputusan pembelian. Namun banyaknya kasus-kasus penipuan yang terjadi melalui internet, memberikan citra negatif dan merugikan online shop lain yang masih menjaga kejujurannya. Menurut hasil penelitian terbaru Kaspersky Lab dan B2B International, sebanyak 26% konsumen Indonesia kehilangan uang karena menjadi sasaran tindak penipuan online. Indonesia menjadi negara dengan korban penipuan online tertinggi menurut hasil penelitian itu, disusul Vietnam (25%) dan India (24%). Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh internet marketing dalam pembentukan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial dan simultan dan bagaimana pengaruh internet marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui pengaruh internet marketing, dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif. Populasi sebanyak 323.000 dan diambil sampel sebanyak 100 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner secara online kepada followers instagram Ladyfame Shop, Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, regresi berganda, dan path analysis atau analisis jalur, dengan internet marketing sebagai variabel x, keputusan pembelian variabel y, dan brand awareness sebagai z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial internet marketing (x) berpengaruh positif dalam pembentukan brand awareness (z) sebesar 63,6%, internet marketing (x) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (y) sebesar 16,5% dan brand awareness (z) secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (y) sebesar 73%. Dengan demikian internet marketing (x) mampu mempengaruhi keputusan pembelian (y) baik secara langsung maupun tidak langsung. Dimana pengaruh langsung sebesar 16,5% sementara pengaruh tidak langsung yaitu melalui brand awareness sebagai variabel intervening sebesar 45,9% yang diperoleh dari hasil path analysis atau analisis jalur. Hasil perhitungan koefisien determinasi total adalah sebesar 83% sedangkan sisanya 17% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Ladyfame Shop telah menerapkan Etika Bisnis Islam dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam dalam kegiatan pemasaran produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:40
Last Modified: 19 Feb 2018 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item