ANALISIS PERAN E-BUSINESS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA UMKM KULINER DI KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG)

NOVYTA, SARI SUSIANA EFFENDI (2024) ANALISIS PERAN E-BUSINESS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA UMKM KULINER DI KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NOVYTA SARI SUSIANA EFFENDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK E-business adalah jenis metode yang menghubungkan beberapa perusahaan untuk membuat sitem pemrosesan internal dan eksternal secara lebih efisen dan fleksibel, dekat dengan mitra pemasok dan dengan cara mereka memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemajuann terbaru dalam teknologi komunikasi dan informasi, serta penurunan secara cepat dalam hal biaya komputasi dan komunikasi, telah memungkinkan pengembangan cara-cara baru untuk menciptakan dan memberikan nilai, yang telah menawarkan ruang lingkup untuk penciptaan mekanisme pertukaran dan arsitektur transaksi secara tidak konvensional dan menekankan kemungkinan untuk desain baru mencakup batas bentuk-bentuk organisasi. E-business adalah salah satu contoh dari strategi berbasis teknologi internet yang dapat membantu pelaku usaha untuk berkomunikasi dan mendistribusikan barang dan jasanya kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan E-business Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan profitabilitas menurut perspektif ekonomi islam UMKM Kuliner di Kecamatan Kedaton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data skunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu UMKM Kuliner yang ada di Kedaton Kota Bandar Lampung. Dengan menggunakan teknik teknik Purposive sampling, yakni dengan cara menentukan sampel yang memiliki kriteria yang lebih bisa menggambarkan keadaan dalam penelitian yang dimaksud, menjalankan usahanya melalui media digital, misalnya UMKM Kuliner yang menggunakan aplikasi Gofood, Grabfood, Shopeefood. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran E-business Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkembang sangat pesat. Pemasaran digital yang digunakan UMKM ialah aplikasi Instagram, Facebook, dan Tiktok. Penjualan online yang diterapkan UMKM di Kecamatan Kedaton menggunakan aplikasi Shopeefood, Grabfood, Gofood. Pembayaran yang dilakukan bisa menggunakan sistem pembayaran digital seperti Ovo, Dana, Shopeepay, Gopay, LinkAja, Qris BI. Pengembangan E-business dalam perspektif ekonomi islam di Kecamatan Kedaton dalam pemasaran yang diterapkan sudah sesuai dengan ajaran islam dan keiklasan semata�mata hanya untuk mencari ridho dari Allah SWT. Kata Kunci : E-busines, UMKM, Pembayaran Digital, Digital Marketing. ABSTRACT E-business is a type of method that connects several companies to create internal and external processing systems more efficiently and flexibly, close to supplier partners and in the way they meet customer needs. Recent advances in communications and information technology, as well as rapid declines in computing and communications costs, have enabled the development of new ways to create and deliver value, which have offered scope for the creation of unconventional exchange mechanisms and transaction architectures and emphasized the possibilities for new designs span the boundaries of organizational forms. E-business is an example of an internet technology-based strategy that can help business actors to communicate and distribute goods and services to consumers. This research aims to determine the development of E�business for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in increasing profitability according to the Islamic economic perspective of Culinary MSMEs in Kedaton District. This type of research is qualitative research using primary data and secondary data. The population in this research is Culinary MSMEs in Kedaton, Bandar Lampung City. By using purposive sampling techniques, namely by determining samples that have criteria that better describe the situation in the research in question, running their business through digital media, for example Culinary MSMEs that use the Gofood, Grabfood, Shopeefood applications. Data collected used observation, interview and documentation methods. The results of this research show that the role of E-business for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) is growing very rapidly. The digital marketing used by MSMEs is the Instagram, Facebook and Tiktok applications. Online sales implemented by MSMEs in Kedaton District use the Shopeefood, Grabfood, Gofood applications. Payments can be made using digital payment systems such as Ovo, Dana, Shopeepay, Gopay, LinkAja, Qris BI. The development of E-business from an Islamic economic perspective in Kedaton District in the marketing that is implemented is in accordance with Islamic teachings and sincerity is solely to seek approval from Allah SWT. Keywords: E-business, MSMEs, Digital Payments, Digital Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:56
Last Modified: 23 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item