PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HADHANAH AKIBAT PERCERAIAN BAWAH TANGAN (Studi di Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

Rachmad, Bahari Pratama (2024) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HADHANAH AKIBAT PERCERAIAN BAWAH TANGAN (Studi di Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rachmad_Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perceraian bawah tangan adalah perceraian yang tidak dicatat oleh hukum negara, hingga akan menimbulkan permasalahan berkaitan dengan peralihan hadhanah (hak asuh anak). Pada peristiwa di Griya Abdi Negara terdapat pelaksanaan hadhanah akibat perceraian bawah tangan, apakah anak tersebut akan ikut dengan ibu, atau ayah. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti lebih lanjut tentang hukum perceraian bawah tangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peralihan hadhanah (hak asuh anak) akibat perceraian bawah tangan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peralihan hadhanah dalam perceraian bawah tangan pada masyarakat Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung dan bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap hadhanah (hak asuh anak) akibat perceraian bawah tangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peralihan hadhanah (hak asuh anak) akibat perceraian bawah tangan pada masyarakat Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung dan pandangan Hukum Islam tentang peralihan hadhanah akibat perceraian bawah tangan pada masyarakat Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan studi kasus, yaitu penelitian tentang kejadian atau kasus yang telah terjadi, dengan metode penelitian kualitatif, pada penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer yang diperoleh pada tahap observasi langsung, dan data sekunder yang dapat diperoleh dari studi pustaka pada dokumen�dokumen yang bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka yang kemudian akan dilakukan pengolahan data sebelum data tersebut dianalisis oleh Peneliti dan kemudian diambil kesimpulan atas data yang telah didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan hadhanah akibat perceraian bawah tangan pada masyarakat Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung tidak sesuai dengan syari‟at Hukum Islam dikarenakan melakukannya dengan cara mereka masing-masing dan menurut pandangan Hukum Islam peralihan hadhanah pada masyarakat Griya Abdi Negara Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung tidak sesuai dengan Hukum Islam dikarenakan hadhanah itu wajib dilaksanakan kepada orangtua dari anak-anak itu tersebut. Kata kunci: Hukum Islam, Hadhanah, Perceraian Bawah Tangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:02
Last Modified: 22 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32106

Actions (login required)

View Item View Item