IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PELAKU UTAMA KEGIATAN PERIKANAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIŻIYYAH (Studi di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur)

RIKA, WULANDARI (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TIMUR NOMOR 02 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PELAKU UTAMA KEGIATAN PERIKANAN PERSPEKTIF SIYASAH TANFIŻIYYAH (Studi di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2'.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Desa Muara Gading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur merupakan sebuah desa yang dimana letak desa ini sangat strategis karena tidak jauh dari laut yang merupakan mata pencarian masyarakat setempat sebagai nelayan dan hasilnya akan langsung dijual di tempat pelelangan ikan dan ekspor ke luar kota. Meskipun lautnya memiliki hasil berlimpah dengan sumber daya alam perikanan namun, masih banyak nelayan di Desa Muara Gading Mas yang sangat minim terhadap perlindungan dan pemberdayaan dalam kegiatan perikanan. Dimana hal ini sudah terdapat jaminan dan diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Utama Kegiatan Perikanan. Penelitian ini ingin menjawab dua persoalan 1) implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan pelaku utama kegiatan perikanan di Desa Muara Gading Mas dan 2) bagaimana pandangan siyasah tanfiżiyyah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 2 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan pelaku utama kegiatan perikanan Desa Muara Gading Mas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan dilakukan dengan mengkaji data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Berdasarkan temuan penelitian bahwa pemerintah sudah menjalankan Pasal 15 Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Utama Kegiatan Perikanan secara optimal. Kesimpulan dalam peneleitian ini pertama, implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Perlindungan dan iii Pemberdayaan Pelaku Utama Kegiatan Perikanan di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur sudah berjalan meskipun pada pelaksanaannya belum maksimal. Kedua, analisis fiqh siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2016 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Utama Kegiatan Perikanan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan kepada masyarakat di Desa Muara Gading Mas sebagai unsur pelaksana dari pemerintahan Kabupaten dan dalam kaitannya dengan fiqh siyasah bahwa implementasi belum sesuai dengan fiqh siyasah tanfiżiyyah. Hal ini karena kebijakan perlindungan dan pemberdayaan pelaku utama kegiatan perikanan di Desa Muara Gading Mas belum dilaksanakan secara optimal. Kebijakan tersebut belum dilaksanakan dengan baik dengan dan kebijakan tersebut belum dapat memberikan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat nelayan. Kata Kunci: Implementasi, Peraturan Daerah, Fiqh Siyasah Tanfiżiyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:58
Last Modified: 22 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32105

Actions (login required)

View Item View Item