FAISAL, RAHMADI (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 PAGELARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam dunia pendidikan seyogyanya seorang guru mampu mengarahkan peserta didiknya pada perilaku yang berbudi pekerti bukan hanya cerdas secara intelektual saja dikarenakan kecerdasan sepiritual juga sangat penting bagi berlangsungnya perkembangan moralitas peserta didik dalam dunia pendidikan. Hal ini tercermin dari perilaku peserta didik yang kerap melakukan tindakan penyimpangan apalagi di era informatika saat ini, seperti ujaran kebencian baik dalam lingkungan sosial maupun media sosial tak hanya itu saja seperti adanya tawuran antar pelajar atau tindakan perkelahian sering terjadi pada berbagai macam peristiwa kekerasan, penyebabnya sendiri yaitu karena hal yang sepele yang tentunya dikarenakan oleh ketidakmatangan atau kurangnya kecerdasan sepiritual hal ini sejalandengan pendapat Djailani menjelaskan bahwasanya masalah terkait peserta didik yakni gemar melakukan tindakan yang menyimpang seperti pencurian, penganiyayaan serta tindakan kekerasan fisik yang tentunya hal tersebut sangat menjadi keresahan. Penelitian merupakan jenis penelitian Kualitatif, Peneliti mencari sebuah data dengan menggunakan berbagai metode yaitu observasi wawancara serta dokumentasi dari penelitian yang ada dilapangan yaitu SMPN 1 Pagelaran. Dengan ini benar benar menggali segala data yang ada secara langsung sesuai masalah yang peneliti angkat. Penelitian yang dilakukan peneliti berdasarkan karakteristik yang diatas merupakan penelitan yang dilaksanakan untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMPN1 Pagelaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, maka penelitian ini mendapatkan kesimpulan Peran guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual peserta didik seperti sebagai teladan yaitu guru harus bisa menjadi contoh yang baik untuk peserta didik. Guru juga harus bisa menjadi motivator, yaitu guru memberikan motivasi motivasi yang dapat iii menumbuhkan kecerdasan spiritual pada peserta didik. Kemudian guru sebagai pembimbing, dimana guru harus mengarahkan, membantudan membina peserta didik dalam menumbuhkan kecerdasan spiritualnya. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Peran Guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:37 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32102 |
Actions (login required)
View Item |