ANALISIS BIMBINGAN PRA NIKAH TERHADAP MENTAL DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi Pada KUA Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung)

Sanki, Arbi (2024) ANALISIS BIMBINGAN PRA NIKAH TERHADAP MENTAL DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi Pada KUA Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover, bab 1, bab 5, dapus sanki.pdf] PDF
Download (894kB)
[thumbnail of SKRIPSI BURNING sanki arbi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan pra nikah ialah proses memberikan bantuan dan masukan kepada calon pengantin agar dalam menjalankan pernikahan dan kehidupan rumah tangga dapat selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Peristiwa-peristiwa yang kerap terjadi dalam kehidupan rumah tangga seperti kekerasa dalam rumah tangga hingga tingkat perceraian, masalah-masalah tersebut sangat berpengaruh pada eksistensi kehidupan rumah tangga. Maka Kantor Urusan Agama (KUA) harus manata kembali peran dan fungsinya dengan melaksanakan program bimbingan pra nikah, agar para calon pengantin mempunyai kesiapan mental yang baik dalam menjalankan kehidupan rumah tangga sehingga dapat menciptakan keluarga yang sakinah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif normatif untuk menjawab bagaimana pelaksanaan bimbingan pra nikah serta bagiamana pengaruh bimbingan pra nikah terhadap kesiapan mental dalam membentuk keluarga sakinah. Pada metode ini, prosedur penelitian menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Tanjung Karang Timur menggunakan metode tanya jawab dan ceramah dalam memberikan bimbingan kepada pasangan calon pengantin. Pelaksanaan bimbingan pra nikah memiliki pengaruh yang cukup baik dalam memperisapkan mental calon pengantin dalam membentuk keluarga sakinah dengan materi�materi yang mudah dipahami bagi calon pengantin. Kata Kunci : Bimbingan Pra Nikah, Mental, Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:33
Last Modified: 22 Jan 2024 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item