PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

PUTRI, LINDA OKFRIYANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CD 135 New.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of CD FULL linda new.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi dari hasil belajar mata pelajaran IPAS yang masih tergolong rendah. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung yaitu kurang tepatnya pendidik dalam menggunakan model pembelajaran cooperative learning kepada peserta didik. Perlunya penggunaan model pembelajaran yang variatif yang dapat mendukung keberhasilan siswa. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut maka pendidik perlu menginovasikan model pembelajaran dan media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaransains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan yaitu Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu 55 yang terdiri dari 27 peserta didik kelas IV Abdullah bin Jakfar sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas IV Abdullah ibnu Rawahah sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai yang signifikan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung . Peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL). Kata Kunci: Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM), Hasil Belajar,Mata Pelajaran IPAS. iv ABSTRACT This research was conducted because the learning outcomes for science subjects were still relatively low. One factor in the low learning outcomes in science and science subjects for class IV students at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung is the teacher'sinaccuracy in using learning models for students. There is a need to use varied learningmodels that can support student success. To anticipate these problems, educators need to innovate learning strategies and new learning media that are able to improve student learning outcomes. This research aims to determine whether there is a significant influence of the community science technology learning model (STM) on learningoutcomes in the science and science subject of class IV students at SD Muhammadiyah1 Bandar Lampung. This research is quantitative research with a Quasy Experiment type of research and the design used is Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The instrument used is a multiple choice test. The population in this study was all students in class IV of SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The sample in this study was 55 consisting of 27 students from class IV Abdullah bin Jakfar as the experimental class and 28 students from class IV Abdullah ibn Rawahah as the control class. The data analysis technique uses a normality test using the Shapiro Wilk test, a homogeneity test using the Levene Statistics test, followed by hypothesis testing using the Independent Sample T Test. The results of this research show that the Independent Sample T Test obtained a significant influence of the community science technology learning model (STM) on the learning outcomes of class IV science subjects at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Students who are given treatment using the community science technology learning model (STM) have higher learning outcomes than students who are given treatment using the contextual teaching learning (CTL) learning model. Keywords : science technology society (STS) learning model, learning outcomes, science subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:28
Last Modified: 29 Apr 2024 05:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32099

Actions (login required)

View Item View Item