PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 4 LIWA LAMPUNG BARAT

Nabila, Yasa (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMPN 4 LIWA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of CETAK SKRIPSI NABILA YASA BAB 1,3,5  NEW.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI NABILA YASA FULL NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran seorang guru dalam sebuah lembaga pendidikan sangat penting, dikarenakan sebuah pendidikan tidak lepas dari tanggung jawab seorang guru di dalamnya. Salah satu peran yang harus di lakukan oleh guru PAI yaitu untuk menumbuhkan sikap toleransi pada peserta didik. Karena pada dasarnya tugas seorang guru tidak hanya dalam mendidik siswa, tetapi memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik siswa agar memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang di harapkan. Maka dari itu perlu adanya arahan dari guru kepada siswa. Karena itulah penulis tertarik untuk mengetahui “Peran Guru PAI dalam Menumbuhkembangkan Sikap Toleransi Beragama di dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik SMPN 4 LIWA Lampung Barat” Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan atau field research dan penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Lalu objek dalam penelitian ini yakni di SMPN 4 LIWA. Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa peran guru PAI dalam menumbuhkembangkan sikap toleransi beragama di SMPN 4 LIWA yaitu guru sebagai motivator, pembimbing, dan evaluator. Upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama kepada peserta didik yaitu dengan mengingatkan kepada peserta didik bahwa kita tidak boleh memilih dalam berteman serta harus selalu saling menghargai. Faktor pendukung toleransi beragama di sekolah yakni muncul motivasi dari kepala sekolah untuk guru dan siswa agar menumbuhkan sikap toleransi, saling meghargai. Sedangkan factor penghambat ialah kurangnya kesadaran seluruh warga sekolah yang belum seberapa memiliki rasa toleransi kepada sesame. Kata kunci: Peran guru PAI, Menumbuhkan, Toleransi Beragama iv ABSTRACT The role of a teacher in an educational institution is very important, because education cannot be separated from the responsibility of a teacher in it. One of the roles that PAI teachers must play is to foster an attitude of tolerance in students. Because basically a teacher's job is not only to educate students, but also has a big responsibility in educating students so that they have good character according to what is expected. Therefore, there needs to be direction from teachers to students. That's why the author is interested in knowing "The Role of PAI Teachers in Developing Attitudes of Religious Tolerance in the Learning Process of SMPN 4 LIWA Students west Lampung" This type of research is field research and this research is included in descriptive qualitative research. The subjects in this research were teachers and students. Then the object of this research is SMPN 4 LIWA. The data collection techniques that researchers used in this research were observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, data analysis uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The data validity test is by source triangulation. The results of this research suggest that the role of PAI teachers in developing attitudes of religious tolerance at SMPN 4 LIWA is that of teachers as motivators, mentors and evaluators. Efforts made by teachers to foster an attitude of religious tolerance in students are by reminding students that we cannot choose to make friends and must always respect each other. The supporting factor for religious tolerance in schools is the emergence of motivation from the school principal for teachers and students to foster an attitude of tolerance and mutual respect. Meanwhile, the inhibiting factor is the lack of awareness of all school members who do not have much tolerance for each other. Keywords: Role of Islamic Education teachers, Growing, Religious Tolerance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:14
Last Modified: 22 Jan 2024 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32097

Actions (login required)

View Item View Item