PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NASHIHUDDIN BANDAR LAMPUNG

PUJIANTI, Duki (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NASHIHUDDIN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUJIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan orang yang sangat berperan dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya. Kinerja guru dikatakan baik apabila menghasilkan peserta didik yang cerdas dan memiliki ahlak yang baik. Guna meningkatkan kinerja guru ada faktor yang mempengaruhi diantaranya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja. Kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan transformasional lebih merujuk kepada perubahan bukan hanya masa sekarang, akan tetapi juga hingga masa depan. Disiplin kerja yang baik akan meningkatkan kinerja guru sehingga mempercepat pencapaian tujuan organisasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Nashihuddin Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penelitian ini adalah di SMK Nashihuddin Bandar Lampung. Jumlah sampel sebanyak 30 orang pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis dengan analisis parametrik dengan model analisis regresi linier berganda (Multiple Linier Regression) berbentuk SPSS For Windows 25.0 dengan taraf 0,05. data dari masing masing variabel dikumpulkan secara terpisah melalui mengisi kuesioner yang disusun. Uji persyaratan Analisa terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan teknis analisis data menggunakan uji T, uji F, regresi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh terhadap kinerja pendidik di SMK Nashihuddin Bandar Lampung dengan besaran koefisien korelasi sebesar 0,989 dan koefisien determinasi sebesar 69% pada taraf signifikansi 0,05; (2) Disiplin kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja guru di SMK Nashihuddin Bandar Lampung dengan besaran keefisien korelasi sebesar 0,980 dan koefisien determinasi sebesar 28%; (3) Kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja secara serentak berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK Nashihuddin Bandar Lampung dengan koefisien korelasi sebesar 0,982 dan koefisien determinasi sebesar 98,2%. Hal ini berarti kontribusi iv variabel X1 (Kepemimpinan Transformasional) dan variabel X2 (Disiplin Kerja) terhadap Y (Kinerja Guru) adalah sebesar 9,82% dan sisanya sebesar 1,8% disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, Kinerja Guru v ABSTRACT Teachers are people who play a very important role in imparting knowledge to their students. The teacher's performance is said to be good if it produces students who are intelligent and have good morals. In order to improve teacher performance, there are influencing factors, including the principal's leadership and work discipline. School principals with a transformational leadership style refer more to changes not only in the present, but also into the future. Good work discipline will improve teacher performance thereby accelerating the achievement of organizational goals. This study aims to find out how much influence the transformational leadership and the work discipline has on the performance of teacher at Nashihuddin Vocational of Bandar Lampung. This research uses a quantitative approach with this type of field research. The population in this study is at Nashihuddin Vocational of Bandar Lampung. The sample number of 50 educators. Data collection techniques use questionnaires on the Likert scale. Data analyzed with parametric analysis with multiple linear regression analysis models Spss for Windows 25.0 with a level of 0.05. Data from each variable is collected separately through filling out a compiled questionnaire. The analysis requirements test consists of a normality test, a linearity test, and using the T test, the F test, multiple regressions, and the coefficient of determination. The results of this study concluded that: (1) the transformational leadership has an influence on the performance of educators at Nashihuddin Vocational of Bandar Lampung with a correlation coefficient of 0.989 and a coefficient of determination of 69% at a significance level of 0.05; (2) The working discipline has an influence on teacher performance at Nashihuddin Vocational of Bandar Lampung with a correlation coefficient of 0,980 and a coefficient of determination of 28%; (3) The transformational leadership and the work discipline simultaneously affect the performance of teachers at Nashihuddin Vocational of Bandar Lampung with a correlation coefficient of 0.982 and a coefficient of determination of 98,2%. This means that the contribution of variable X1 ( Transformational Leadership) and variable X2 (Working Discipline) to variable Y (Teacher Performance) is 9,82% and the vi remaining 1,8% is caused by other factors which are not the focus of discussion in this study. Keywords: transformational leadership, work discipline, teacher performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:56
Last Modified: 22 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32087

Actions (login required)

View Item View Item