HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG

Tiara, Puspita (2024) HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Beradasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat interaksi belajar peserta didik yang negatif maupun positif dalam kegiatan pembelajaran, terdapat peserta didik yang tidak fokus dalam melakukan pembelajaran dikelas yang disebabkan oleh teman sebayanya dan kurangnyanya kondusifitas pembelajaran dikelas di sebabkan oleh interaksi teman sebaya yang negatif. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis melakukan penelitian hunungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sample proporsinal atau proportional sample. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengambil sample dengan porsi yang sama dari dua kelas yaitu kelas IVa dan IVb masing-masing 15 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data dan analisis regresi linear sederhana, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis product moment. Hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian dari hasil uji normalitas di peroleh hasil normal dan linear, dengan hasil data normalitas nilai signifikansi 0,528 dengan taraf signifikan 0,05, dapat disimpulkan 0,528 > 0,05 bahwa data penelitian bersifat normal. Data hasil uji regresi linear diketahui f hitung 5.221 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,030 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada hubungan yang linear antara variabel interaksi teman sebaya (X) dengan motivasi belajar (Y) peserta didik. Selanjutnya hasil uji hipotesis product moment diketahui dari tabel product moment untuk n = 52 pada taraf 5% yaitu r tabel 0,273 dan r hitung 0,632 sehingga r hitung > r tabel, serta nilai probabilitas sig.0,000 < 0,005. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar iv ABSTRACT Based on the results of pre-research conducted, it shows that there are negative and positive student learning interactions in learning activities, there are students who are not focused on learning in class which is caused by their peers and the lack of conducive learning in class is caused by negative peer interactions. . Based on these problems, the author conducted research on the relationship between peer interactions and students' learning motivation in class IV MIN 7 Bandar Lampung. Sampling in this research used a proportion sampling technique. So in this study the researchers took samples with equal portions from two classes, namely classes IVa and IVb, each with 15 students. The data analysis technique uses a data normality test and simple linear regression analysis, and continues with product moment hypothesis testing. The results of the analysis and discussion of the research data from the normality test results obtained normal and linear results, with the results of the normality data having a significance value of 0.528 with a significance level of 0.05, it can be concluded that 0.528 > 0.05 means that the research data is normal. The data from the linear regression test shows that f count is 5.221 with a significance level of 0.030 < 0.05, so the regression model can be used to predict the participation variable or in other words there is a linear relationship between the peer interaction variable (X) and learning motivation (Y). learners. Next, the results of the product moment hypothesis test are known from the product moment table for n = 52 at the 5% level, namely r table 0.273 and r calculated 0.632 so that r calculated > r table, and the probability value is sig.0.000 < 0.005. These results can be concluded that there is a positive relationship between peer interaction and the learning motivation of class IV MIN 7 Bandar Lampung students. Keywords: Peer Interaction, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:30
Last Modified: 19 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32083

Actions (login required)

View Item View Item