ANALISIS PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

RIRIN, ARINI (2024) ANALISIS PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIT MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Prinsip-prinsip pembelajaran harus diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar oleh seorang pendidik, karena dapat digunakan sebagai landasan berpikir dan berpijak, disamping itu dapat membantu semangat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar berjalan dengan baik, salah satu penyebab kegagalan dalam pembelajaran yaitu tidak diterapkannya prinsip�prinsip pembelajaran dalam kegiatan belajar. Adapun hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, dan metode pemberian tugas, guru belum menggunakan metode bervariasi dalam pembelajaran. Seorang pendidik memiliki kewajiban dan tanggung jawab besar terhadap hasil belajar peserta didik, maka dari itu selain memiliki skill dalam mengajar juga dibutuhkan berbagai cara dan upaya dalam proses pembelajaran seperti model pembelajaran, media belajar, strategi mengajar dan juga prinsip-prinsip dalam pembelajaran. Prinsip-prinsip pembelajaran harus diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar oleh seorang pendidik, karena dapat digunakan sebagai landasan disamping itu dapat membantu semangat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran agar berjalan dengan baik, dan menjadikan suasana belajar menjadi menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memahami bagaimana kondisi suatu objek sasaran yang dituangkan melalui deskripsi kata-kata secara rinci dan mendalam tentang kejadian yang ada di lapangan dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikurum, guru kelas I dan kelas IV dan juga siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan teknik berupa reduksi data, iv penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang didapatkan dilakukan pengecekkan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa prinsip pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Yaitu 1) kondisi peserta didik, pembelajaran dirancang dengan memepertimbangkan perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Yaitu guru telah merancang Alur Tujuan Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 2) pembelajaran dirancang dan dilaksanakan uuntuk membangun kapasitas menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Yang guru memberikan umpan balik kepada peserta didik, memeberikan pertanyaan terbuka, serta pemberian tugas untuk mendorong peserta didik meningkatkan kompentesinya. 3) proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik, yaitu guru menggunakan metode pembelajaran bervariasi seperti berbasis projek. 4) pembelajran yang relevan, yaitu pembelajaran yang di rangcang sesuai konteks,lingkungan sekitar dan budaya peserta didik, pada penerapannya guru mengaitkan materi dengan kehidupan nyata dan lingkungan sekitar 5) pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan, yaitu pada penerapannya guru berupaya mengintegrasikan kehidupan berkelanjutan pada berbagai kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan perilaku yang menunjukan kepedulian terhadap lingkungan lingkungan seperti mengingatkan peserta didik untuk melihat kondisi kelas, dan apabila ada sampah maka segera dibuang ditempat sampah dan pada saat akan melakukan sholat dhuha guru mengingat untuk mematikan air keran setelah digunakan. Prinsip pembelajaran sangat penting diperhatikan karena pada pengembangan kurikulum harus didasarkan pada landasan dan prinsip-prinsip yang berlaku. Kata Kunci : Prinsip-prinsip Pembelajaran, Kurikulum Merdeka v ABSTRACT This research is based on the policy of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia in improving the quality of education in Indonesia by implementing the Independent Curriculum. Learning principles must be implemented in the process of teaching and learning activities by an educator, because they can be used as a basis for thinking and standing, besides that they can help students' enthusiasm and motivation in the learning process so that it runs well. One of the causes of failure in learning is not implementing the principles. -learning principles in learning activities. As for the results of observations made during the lesson, the teacher still used the lecture method and the assignment method, the teacher did not use a variety of methods in learning. An educator has a big obligation and responsibility for student learning outcomes, therefore apart from having skills in teaching, various methods and efforts are also needed in the learning process such as learning models, learning media, teaching strategies and also learning principles. Learning principles must be implemented in the process of teaching and learning activities by an educator, because they can be used as a basis, besides that they can help students' enthusiasm and motivation in the learning process so that it runs well, and make the learning atmosphere enjoyable. The aim of this research is to describe the learning principles in implementing the MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Independent Curriculum. Researchers use descriptive qualitative research methods with the aim of understanding the condition of a target object as outlined through detailed and in-depth descriptions of events in the field using a descriptive approach. Researchers used data collection techniques using observation, interviews and documentation techniques. The subjects in the research were the principal, deputy teacher, class I and class IV teachers and also students. The data that has been collected is then analyzed using techniques in the form of data reduction, presenting data and drawing conclusions. The data obtained was checked for data validity using technical triangulation. The research results show that the learning principles in the implementation of the Independent Curriculum at MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Namely 1) the condition of the students, learning is designed taking into account the current development and level of achievement of students, in accordance with learning needs so that learning becomes meaningful and enjoyable. Namely, the teacher has designed a Learning Goal Flow that is vi tailored to the needs of students. 2) learning is designed and implemented to build capacity for lifelong learning. The teacher provides feedback to students, asks open questions, and gives assignments to encourage students to improve their competence. 3) the learning process supports the development of students' competencies and character holistically, namely teachers use varied learning methods such as project-based. 4) relevant learning, namely learning that is designed according to the context, surrounding environment and culture of students, in its application the teacher relates the material to real life and the surrounding environment 5) learning oriented towards a sustainable future, namely in its application the teacher tries to integrate sustainable life in various learning activities by integrating values and behavior that show concern for the environment, such as reminding students to look at the condition of the class, and if there is rubbish, throw it immediately in the rubbish bin and when performing Duha prayers, the teacher remembers to turn off the tap water after use. . Learning principles are very important to pay attention to because curriculum development must be based on applicable foundations and principles. Keywords: Learning Principles, Independent Curriculum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:51
Last Modified: 19 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item View Item