IMPLEMENTASI KESIAPAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS I DAN IV SD IT AL-FATIH LAMPUNG BARAT

FITRI, YANI (2024) IMPLEMENTASI KESIAPAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS I DAN IV SD IT AL-FATIH LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kesiapan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka dalam mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriftif kualitatif, data diproleh dengan menggunakan tiga metode yaitu, wawancara sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai metode penunjang. informan dalam penelitian ini diproleh langsung dari kepala sekolah dan guru PAI. kemudian dalam melakukan analisis datanya, penulis menggunakan tiga langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. disamping itu, penulis menggunakan teknik pengecekan keabsahan data dengan tringulasi sumber untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menemukan hasil yaitu pada tahap perencanaan guru sudah melakukan dengan baik sesuai dengan panduan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka, hal ini ditunjukkan bahwa guru sudah melakukan pemetaan, menganalisis CP, merumuskan TP, menyusun ATP dan merancang Modul Ajar. pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru sudah melakukan dengan baik sesuai dengan panduan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka, hal ini ditunjukkan bahwa sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar guru terlebih dahulu melakukan assessment diagnostic, setelah itu guru melakukan perencanaan. selanjutnya melakukan proses pembelajaran. pada tahap evaluasi pembelajaran guru sudah melakukan dengan baik sesuai dengan panduan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. dalam pembelajaran guru sudah menerapkan diferensiasi isi, diferensiasi proses dan lingkungan belajar. guru melakukan penilaian melalui assesment formatif dan sumatif. selain itu juga pendidik melakukan refleksi pada akhir pembelajaran. adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. pertama, faktor pendukungnya yaitu modul ajar, kedua, faktor penghambatnya yaitu penyesuaian pada kurikulum merdeka. Kata Kunci: Implementasi, Kesiapan Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, PAI iv ABSTRACT The aim of this research is to determine teachers' readiness for differentiated learning in the independent curriculum in PAI subjects and to find out what factors support and inhibit teachers' readiness for differentiated learning in the independent curriculum in PAI subjects. The method used is a qualitative descriptive approach, data was obtained using three methods, namely, interviews as the main method, observation and documentation were used as supporting methods. Informants in this research were obtained directly from school principals and PAI teachers. then in carrying out the data analysis, the author used three data analysis steps, namely data reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. Besides that, the author uses the technique of checking the validity of the data by triangulating sources to test the credibility of the data. The results of the research carried out by the author found that at the planning stage the teacher had done well in accordance with the differentiated learning guide in the independent curriculum. This showed that the teacher had carried out mapping, analyzed the CP, formulated the TP, compiled the ATP and designed the Teaching Module. At the learning implementation stage the teacher has carried out well in accordance with the differentiated learning guidelines in the independent curriculum. This shows that before carrying out teaching and learning activities the teacher first carries out a diagnostic assessment, after that the teacher carries out planning. then carry out the learning process. at the learning evaluation stage the teacher has performed well in accordance with the differentiated learning guidelines in the independent curriculum. In learning, teachers have implemented content differentiation, process differentiation and learning environment. teachers carry out assessments through formative and summative assessments. Apart from that, educators also reflect at the end of learning. there are supporting and inhibiting factors in implementing differentiated learning in the independent curriculum. first, the supporting factor, namely the teaching module, second, the inhibiting factor, namely adjustments to the independent curriculum. Keywords: Implementation, Teacher Readiness, Differentiated Learning, Independent Curriculum, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:42
Last Modified: 19 Jan 2024 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32081

Actions (login required)

View Item View Item