PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 01 LANGKAPURA

MIRA, ZARTIKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 01 LANGKAPURA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of Skripsi MIRA  ZARTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena budaya literasi masyarakat Indonesia menurun karena adanya perkembangan teknologi dan perkembangan zaman, hal ini mengesampingkan kebiasaan membaca yang menyebabkan kurangnya literasi atau kemampuan membaca yang terjadi di Indonesia. Pada saat ini, pendidikan di Indonesia memiliki peringkat yang masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain dalam aspek sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas III SDN 1 Langkapura. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy Experiment design dengan pendekatan kuantitatif adapun peneliti menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dalam pengumpulan data menggunakan pre dan post tes dan data dianalisa secara kuantitatif menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil pengumpulan data dan analisa data ditemukan bahwa Model pembelajaran kooperatif berbantuan media Scramble berpengaruh terhadap kemampuan membaca peserta didik, hal ini didukung dengan hasil uji hipotesis didapati nilai Sig 2 tailed sebesar 0,003 yang mana menurut kriteria penerimaan H0 akan di terima jika nilai Sig >0,05, sebaliknya jika nilai Sig <0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisa tersebut dapat diketahui nilai Sig adalah 0,003 yang mana <0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas III SDN 1 Langkapura. Berdasarkan hasil yang telah ditemukan dilapangan peneliti menemukan beberapa kemajuan yang didapatkan oleh peserta didik dalam kemampuan membacanya, yaitu peserta didik bisa dengan lancar mengetahui jenis huruf, membedakan suku kata, dan menyusun kata menjadi kalimat yang rinci dan efektif. Kata Kunci : Model Pembalajaran Kooperatif, Media Scramble, Quasy Eksperiment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:36
Last Modified: 19 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item