PENGARUH INFLASI DAN INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Periode Tahun 2014-2019)

NOVI, NURJANAH (2024) PENGARUH INFLASI DAN INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Periode Tahun 2014-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVI NURJANAH 1551010256-1.PDF] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penyerapan tenaga kerja merupakan salah satu masalah penting dalam pembangunan nasional maupun daerah dan Indonesia sebagai Negara berkembang mempunyai potensi yang sangat besar dalam pengembangan pada sektor pertanian bahkan dimungkinkan menjadi sektor terpentingdalam pembangunan nasional. Jumlah tenaga kerja pada sektor pertanian di Indonesia dari tahunketahun meningkat sebagai akibat dari bertambahnya jumlah penduduk, sementara kesempatan kerja yang tersedia terbatas jumlahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh antara Inflasi dan dan Investasi secara simultan, parsial terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Pertanian di Indonesia, serta bagaimana penyerapan tenaga kerja dalam Perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Inflasi dan Investasi terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia dan pandangan islam terkait Penyerapan Tenaga Kerja. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan bersifat assosiatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder jenis data time series yang bersumber dari BPS (Badan Pusat Statistik) dan sumber-sumber lainnya seperti jurnal dan hasil-hasil penelitian sebelumnya dan di analisi menggunakan Eviews10. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa hasil pengujian secara parsial menyatakan Inflasitidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja, dan Investasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Berdasarkan hasil uji simultan menyatakan Inflasi dan Investasi secara bersama-sama tidak berpengaruhsignifikan terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Pertanian di Indonesia. Dalam Islam Tenaga Kerja sudah diatur sebagaimana mestinya dan mendorong umat dalam bekerja maupun memproduksi, bahkan menjadikan sebagai sebuah kewajiban terhadap orang-orang yang mampu, lebih dari itu allah akan memberi balasan yang setimpal yang sesuai dengan amal/kerja yang telah dilakukan. Kata kunci : Penyerapan Tenaga Kerja, Investasi, Inflasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:10
Last Modified: 18 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32077

Actions (login required)

View Item View Item