PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS IV SDN 3 KRESNOMULYO AMBARAWA PRINGSEWU

TRIAN, UFIZ FADILAH (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS IV SDN 3 KRESNOMULYO AMBARAWA PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TRIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDN 3 Kresnomulyo, Ambarawa Pringsewu yang dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil tes soal kemampuan membaca pemahaman yang diberikan oleh peneliti, dimana persentase siswa yang memperoleh nilai diatas kkm sebesar 38% dan siswa yang memperoleh nilai dibawah kkm sebesar 62%. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh metode Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV di SDN 3 Kresnomulyo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca pemahaman sisw kelas IV SDN 3 Kresnomulyo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 3 Kresnomulyo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B di SDN 3 Kresnomulyo. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis uji-t (Independent sample t test). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji t, dengan menggunakan SPSS nilai sig.(2-tailed) adalah 0,013 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 3 Kresnomulyo. Kata Kunci : Metode Directed Reading Thinking Activity , Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia iv ABSTRACT This research was conducted in class IV of SDN 3 Kresnomulyo, Ambarawa Pringsewu which was motivated by the lack of students' reading comprehension ability in Indonesian language subjects which was still relatively low, this can be seen from the results of the reading comprehension ability test given by the researcher, where the percentage of students Those who got a score above the kkm were 38% and students who got a score below the kkm were 62%. The formulation of the problem in this research is whether there is an influence of the Directed Reading Thinking Activity method on the reading comprehension abilities of students in class IV at SDN 3 Kresnomulyo. The aim of this research is to determine the effect of the Directed Reading Thinking Activity method on the reading comprehension ability of class IV students at SDN 3 Kresnomulyo. This research uses the Quasy Experiment type of research. The population in this study were all class IV students at SDN 3 Kresnomulyo. The sample in this study were students in class IV A and IV B at SDN 3 Kresnomulyo. The sampling technique used is probability sampling with a saturated sampling technique. The sample in this study was class IV A as the control class and IV B as the experimental class. This research instrument uses a test instrument in the form of multiple choice questions totaling 25 questions. Research data was analyzed using prerequisite tests and hypothesis testing t-test (Independent sample t test). Based on the research results and t test calculations, using SPSS the sig value (2-tailed) is 0.013 < 0.05. This shows that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is an influence of the Directed Reading Thinking Activity method on students' reading comprehension abilities in class IV Indonesian at SDN 3 Kresnomulyo. Keywords: Directed Reading Thinking Activity Method, Reading Comprehension Ability, Indonesian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:36
Last Modified: 18 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32076

Actions (login required)

View Item View Item