PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANJAR AGUNG TULANG BAWANG

Eka, Ratna Tiningsih (2024) PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BANJAR AGUNG TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI EKA RATNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dirinya apabila peserta didik tersebut memiliki rasa percaya diri terlebih dahulu, sehingga dapat meningkatkan perkembangannya baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan membantu pencapaian nya. rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan terhadap segala aspek yang dimiliki dan keyakinan tersebut membuat peserta didik merasa mampu, tidak putus asa, dan berani untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. jadi peserta didis yang percaya diri memiliki rasa optimis dengan kelebihan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan karena manusia adalah makhluk yang paling tinggi derajatnya. Pada hakikatnya setiap individu pasti mengalami kurangnya rasa percaya diri. Seperti kurangnya rasa percaya diri saat berpendapat, Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang terindikasi mengalami kurangnya percaya diri saat berpendapat. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik yang menunjukkan ketidakyakinan akan kemampuan dirinya dan sering merasa ragu, khawatir, takut, dan tidak berani dalam menyampaikan pendapat. Permasalahan tidak percaya diri ini pada peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang. Terlihat dari jumlah peserta didik ada beberapa jumlah peserta didik yang merasa belum memiliki keyakinan atas kemampuan dirinya. Dari beberapa peserta didik tersebut peneliti mengambil salah satu peserta didik yang terindikasi mengalami kurangnya rasa percaya diri. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana upaya guru BK dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik melalui layanan konseling individu dengan teknik role playing di mana teknik ini dapat mengembangkan potensi peserta didik dapat mengembangkan bahasa lisan peserta didik yang baik agar mudah dipahami oleh orang lain dan membantu peserta didik untuk belajar dan berlatih berbicara serta berkomunikasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk menganalisa data atau menggambarkan permasalahan yang telah terkumpul. Teknik iv pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan upaya Guru bimbingan dan konseling melalui konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang yaitu dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan penerapan layanan konseling individu untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik di kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan terhadap kejenuhan belajar pada peserta didik dengan diberikan layanan konseling individu dengan teknik role playing. Kata kunci: Percaya Diri, Konseling Individu, Teknik Role Playing v ABSTRACT As a student, he can actively develop his potential if the student has self-confidence first, so that he can improve his development both towards himself and the environment that will help his achievement. Self-confidence is a belief in all aspects of one's possessions and this belief makes students feel capable, not hopeless, and brave enough to achieve various goals in their lives. So students who are confident have a sense of optimism about the advantages they have to achieve the goals they have set because humans are creatures of the highest rank. In essence, every individual must experience a lack of self�confidence. Such as a lack of self-confidence when giving an opinion. This research was motivated by students who were indicated to experience a lack of self-confidence when giving an opinion. This can be seen from students who show lack of confidence in their abilities and often feel doubtful, worried, afraid, and do not dare to express their opinions. This problem of lack of self-confidence in class VIII C students at SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang. It can be seen from the number of students that there are several students who feel they do not have confidence in their abilities. From several of these students, the researcher took one student who indicated that he had a lack of self-confidence. Therefore, the aim of this research is to find out how guidance and counseling teachers make efforts to foster self-confidence in students through individual counseling services with role playing techniques where this technique can develop students' potential and can develop students' spoken language well so that it is easy to understand. by other people and help students to learn and practice speaking and communicating well. The method used in this research is a descriptive qualitative method which is used to analyze data or describe the problems that have been collected. Data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation of data validity were carried out using triangulation. Based on the research results showing the efforts of guidance and counseling teachers through individual counseling in increasing students' self-confidence at SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang, it can be concluded that: the implementation of vi individual counseling services to foster self-confidence in students in class VIII C of SMP Negeri 1 Banjar Agung Tulang Bawang has been implemented well and there has been a reduction in learning boredom among students by providing individual counseling services using role playing techniques. Keywords: Self-confidence, Individual Counseling, Role Playing Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:55
Last Modified: 18 Jan 2024 05:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32072

Actions (login required)

View Item View Item