PRAKTIK PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI LEMBAGA AMIL ZAKAT YATIM MANDIRI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Di Yatim Mandiri Lampung)

AFRINDA, INDRIANI (2024) PRAKTIK PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI LEMBAGA AMIL ZAKAT YATIM MANDIRI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Di Yatim Mandiri Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI AFRINDA INDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan suatu ibadah yang dimensi sosialnya sangat tinggi dan bersentuhan langsung dengan pembelaan terhadap kaum lemah. Dimana khususnya masih banyak masyarakat fakir dan miskin yang perlu di tanggulangi. Zakat produktif salah satu fungsinya yaitu memberikan modal usaha untuk para penerima zakat untuk kreatif usaha dengan dibina oleh lembaga sampai produktif dan diharapkan mempunyai penghasilan sehingga tidak lagi menerima zakat atau mustahik tetapi menjadi pemberi zakat atau muzakki. Ditegaskan pada Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat memberikan perhatian khusus terhadap zakat produktif dalam meningkatkan perekonomian umat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Lampung dan tinjauan hukum Islam praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yaitu melihat langsung praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Bandar Lampung. Sementara penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan ( field research ) berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa praktik pengelolaan zakat produktif di lembaga amil zakat Yatim Mandiri diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, penyaluran, dan pelaporan. Yatim Mandiri mengutamakan mustahik bunda yatim, yang selanjutnya dibentuk kelompok usaha bersama yang bernama BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) dan diberi pendamping untuk melakukan pembinaan setiap bulannya selama dua kali pertemuan, dengan iii tujuan agar zakat produktif berupa modal usaha yang diberikan berjalan baik sehingga mensejahterakan keluarga yatim. Dengan adanya pemberian modal menggunakan akad qadhrul hasan yaitu pinjaman atas dasar sosial namun tetap mengembalikan modal tanpa bunga karena sifatnya bergulir. Masalah dalam pengelolaan zakat produktif di Yatim Mandiri yaitu yang menerima dana ada yang bukan mustahik melainkan pengusaha kecil yang kekurangan modal, juga ada bunda yatim yang menyalahgunakan akad sehingga tidak mengembalikan modal sesuai perjajian hal ini menyebabkan berkurangnya target bunda yatim berikutnya. Dalam tinjauan hukum islam tidak sesuai karena penerima modal ada yang bukan termasuk 8 asnaf. Kata kunci : Zakat, Zakat Produktif, Pengelolaan Zakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:35
Last Modified: 18 Jan 2024 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item View Item