TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN BIROKRASI MENURUT UNDANG-UNDANG NO 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Metro)

Rizma, Komala Sari (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN BIROKRASI MENURUT UNDANG-UNDANG NO 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZMA KOMALA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran pemerintah untuk mensejahterakan rakyat adalah hal yang paling utama. Dalam hal ini disebut good governance yaitu pemerintahan yang baik yang selalu memikirkan kesejahteraan dan kebutuhan masyarakat. Good governance seringkali di aplikasikan dalam pelayanan publik khususnya yang langsung berkaitan dengan masyarakat seperti program donor darah. Pelayanan kesehatan ini di handle oleh PMI yang memiliki tugas dan fungsi utamanya ialah meningkatkan derajat kesehatan melalui pengelolaan darah yang berkualitas, mewujudkan pelayanan penyediaan darah yang aman, tepat waktu, terjangkau dan berkesinambungan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dalam pelayanan di kantor UTD PMI Kota Metro, dan untuk mengetahui tinjauan Fiqh siyasah terhadap Prinsip-prinsip dalam pelayanan di kantor UTD PMI kota Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan menganalisis sebuah fenomena di masyarakat dengan mendeskripsikan secara interpretasi masalah-masalah yang dihadapi adalah pelaksanaan pelayanan publik terkait kesehatan dari PMI Metro. Sumber data yang diperoleh adalah dari observasi, dokumentasi, dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap beberapa narasumber. Teknik pengolahan data atau analisis data menggunakan teknik interpretasi yaitu data yang sudah diperoleh dan diklasifikasi dari peneliti dengan dikaitkan beberapa hukum Islam, dan hukum perundang-undangan tentang good governance kemudian ditarik kesimpulan sehingga menjawab rumusan masalah. Berdasarkan data yang terkumpul beserta hasil analisis maka penelitian ini mempunyai hasil yang pertama Implementasi UU No. 29 Tahun 2009 dalam pelayanan di kantor UTD PMI Kota Metro telah sesuai dengan muatan yang dimaksud. Partisipasi, Sesuai aturan, Daya tanggap, berkeadilan, efektivitas dan efisiensi dan akuntabilitas. Hanya saja yang menjadi kendala dikarenakan beberapa faktor, seperti iii Kurangnya SDM, Sarana dan prasarana, Tanggung jawab aparatur pemerintah yang belum maksimal, informasi yang masih terhadap, dan sosialisasi yang kurang. Sedangkan Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap prinsip-prinsip dalam pelayanan di kantor UTD PMI kota Metro sudah sesuai fiqh siyasah. Dalam pelaksanaanya, UTD PMI Kota Metro telah melaksanakan aturan dalam UU No 25 Tahun 2009. Artinya sudah sesuai anjuran dari Al-Qur'an dan Hadits, meskipun ada beberapa kendala seperti Kurangnya SDM, Sarana dan prasarana, Tanggung jawab aparatur pemerintah yang belum maksimal, informasi yang masih terhadap, dan sosialisasi yang kurang Katakunci: good governance, PMI, donor darah, siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:19
Last Modified: 17 Jan 2024 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32062

Actions (login required)

View Item View Item