Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Metakognitif Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia

Muhamad, Rifqi Rizkillah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Metakognitif Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Muhamad Rifqi Rizkillah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA Oleh Muhamad Rifqi Rizkillah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa kelas VIII yang masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran modified free inquiry terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Tirtayasa Serang Banten. Model pembelajaran modified free inquiry merupakan suatu model pembelajaran yang dapat dilakukan baik secara individual atau kelompok yang menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimen dan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana. Teknik pengumpulan data berupa tes (posttest) dan dokumentasi. Tes dilakukan terhadap siswa untuk mengetahui kemampuan metakognitif dan motivasi belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data saat proses pembelajaran peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan berupa Uji T Independent dengan bantuan IBM SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran modified free inquiry berpengaruh dalam kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Muhammadiyah Tirtayasa Serang Banten dengan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga penerapan model pembelajaran modified free inquiri berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Modified Free Inquiry, Kemampuan Metakognitif, Motivasi Belajar iv ABSTRACK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA By Muhamad Rifqi Rizkillah This research was motivated by the relatively low metacognitive abilities and learning motivation of class VIII students. This research aims to determine the effect of the modified free inquiry learning model on the metacognitive abilities and learning motivation of class VIII students at SMP Muhammadiyah Tirtayasa Serang Banten. The modified free inquiry learning model is a learning model that can be carried out either individually or in groups which emphasizes the process of searching and finding. The type of research used is quantitative research with the Quasy Experiment method and Posttest Only Control Design research design. The sampling technique uses a simple random technique. Data collection techniques include tests (posttest) and documentation. Tests are carried out on students to determine metacognitive abilities and learning motivation. Documentation is used to collect data during the student learning process. The data analysis technique used is the Independent T Test with the help of IBM SPSS version 25 for Windows. Based on the results of hypothesis testing, it shows that the modified free inquiry learning model has an effect on students' metacognitive abilities and learning motivation in class VIII human digestive system material at SMP Muhammadiyah Tirtayasa Serang Banten with a Sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05 so that the application of the modified free inquiry learning model has an effect on students' metacognitive abilities and learning motivation. Keywords: Learning Motivation, Metacognitive Ability, Modified Free Inquiry

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:46
Last Modified: 17 Jan 2024 09:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item View Item