PENERAPAN METODE BMTM (BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA) BERBANTU MEDIA KARTU SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 MIS MASYARIQUL ANWAR LAMPUNG UTARA

ULVA, SARAH RAMADANI (2024) PENERAPAN METODE BMTM (BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA) BERBANTU MEDIA KARTU SUKU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 MIS MASYARIQUL ANWAR LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ULVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIS Masyariqul Anwar Lampung Utara dengan menerapkan metode BMTM (Belajar Membaca Tanpa Mengeja) Berbantu Media Kartu Suku Kata pada siswa kelas 1 MIS Masyariqul Anwar Lampung Utara. Metode riset yang diterapkan pada penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MIS Masyariqul Anwar Lampung Utara sebanyak 15 Siswa. Objek Penelitian ini adalah Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes kemampuan membaca permulaan. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes unjuk kerja kemampuan membaca permulaan. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode BMTM (Belajar Membaca Tanpa Mengeja) Berbantu Media Kartu Suku Kata pada siswa kelas I MIS Masyariqul Anwar Lampung Utara mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini terbukti dari pencapaian ketuntasan klasikal, pada pra tindakan persentasenya sebesar 20%, pada siklus I meningkat menjadi 46,67% dan pada siklus II menjadi 80%. ketercapaian keterampilan membaca permulaan ini menunjukan keberhasilan Penerapan Metode BMTM Berbantu Media Kartu Suku Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode BMTM, Kartu Suku Kata iv ABSTRACT This research was carried out to improve the initial reading ability of class I students at MIS Masyariqul Anwar North Lampung by applying the BMTM (Learning to Read Without Spelling) method assisted by Syllable Card Media to class 1 students at MIS Masyariqul Anwar North Lampung. The research method applied in this research is the collaborative Class Action Research Method (CAR). The subjects of this research were 15 students of class I MIS Masyariqul Anwar North Lampung. The object of this research is improving beginning reading abilities. This research consists of two cycles which include planning stages, action implementation, observation and reflection. Data was collected using observation techniques and initial reading ability tests. The research instruments include student observation sheets, teacher observation sheets, learning implementation observation sheets and initial reading ability performance tests. Data analysis was carried out using quantitative and qualitative descriptive methods. The results of the research showed that initial reading ability through the application of the BMTM (Learning to Read Without Spelling) Method Assisted by Syllable Card Media in class I students at MIS Masyariqul Anwar North Lampung was able to improve students' initial reading ability. This is evident from the achievement of classical completeness, in pre-action the percentage was 20%, in cycle I it increased to 46.67% and in cycle II it became 80%. The achievement of these initial reading skills shows the success of implementing the BMTM method assisted by syllable card media in improving students' initial reading abilities. Keywords:Beginning Reading, BMTM Method, Syllable Cards

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:34
Last Modified: 17 Jan 2024 09:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item View Item