IMPLEMENTASI KETELADANAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAKPESERTA DIDIK DISEKOLAHMENENGAH ATAS (SMA) UTAMA 1 BANDARLAMPUNG

JEFRI, EKO ARYANTO (2024) IMPLEMENTASI KETELADANAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAKPESERTA DIDIK DISEKOLAHMENENGAH ATAS (SMA) UTAMA 1 BANDARLAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI JEFRI EKO A PAI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI JEFRI EKO A PAI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbuatan yang dilakukan oleh seseorang tanpa perlu membutuhkan pemikiran terlebih dahulu atau spontan itu adalah akhlak. Dengan banyaknya perkembangan tekhnologi dan budaya yang membuat perilaku buruk terjadi dimana-mana, dalam keluarga, sekolah, masyarakat, negara bahkan dunia. Dekadensi moral melanda khususnya kalangan remaja yang notabene masih duduk dibangku sekolah. Hal serupa dijumpai pula di Sekolah Menengah Atas Utama 1 Bandar Lampung, masih terdapat beberapa peserta didik yang memiliki akhlak buruk seperti malas melaksanakan ibadah, terlambat, kurang menaati peraturan sekolah dan perbuatan buruk lainnya. Sudah menjadi tugas pendidik untuk membina, meningkatkan, mengarahkan, mengoptimalkan fitrah yang ada dalam diri peserta didik, agar menjadi manusia yang memiliki akhlakul karimah baik, terlebih dahulu guru pendidikan agama islam yang lebih mendalami tentang islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi keteladanan Guru dalam meningkatkan akhlak peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan keteladanan Guru yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Utama 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keteladanan apa saja yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan, membina dan meningkatkan potensi sifat baik dalam fitrah manusia secara maksimal serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan maksud menggambarkan keadaan objek penelitian berdasarkan sumber data yang didapatkan. Sumber data didapat dari guru pendidikan agama islam, kepala sekolah, peserta didik dan beberapa data pendukung dari guru mata pelajaran lain. Adapun tekhnik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan wawamcara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan keteladanan Guru dalam meningkatkan akhlak peserta didik sudah berjalan dengan baik hal ini ditandai dengan bentuk-bentuk keteladanan yang dilakukan oleh guru seperti, disiplin, tepat waktu, mengucapkan salam, do‟a, memberikan nasehat dan komunikasi spontan. Kata Kunci: Keteladanan Guru dan Akhlak Peserta Didik iii ABSTRACT Actions carried out by someone without the need for prior thought or spontaneously are morals. With many developments in technology and culture, bad behavior occurs everywhere, in families, schools, communities, countries and even the world. Moral decadence has hit especially teenagers who are still in school. A similar thing was also found at Bandar Lampung Main 1 High School, where there were still several students who had bad morals such as being lazy about carrying out religious services, being late, not obeying school rules and other bad actions. It is the duty of educators to develop, improve, direct and optimize the nature within students, so that they become human beings who have good morals, first of all, Islamic religious education teachers who understand Islam more deeply. A great responsibility must be taken to create a cadre of leaders and successors to the nation who have good morals. The formulation of the problem in this research is: how is the implementation of teacher example in improving students' morals and the supporting and inhibiting factors that influence the implementation of teacher example carried out at Main High School 1 Bandar Lampung. This research aims to find out what forms of example are carried out by Islamic religious education teachers in cultivating, developing and increasing the potential for good qualities in human nature to the maximum and to find out the factors that influence them. This research is qualitative research with a descriptive approach, with the aim of describing the state of the research object based on the data sources obtained. Data sources were obtained from Islamic religious education teachers, school principals, students and some supporting data from teachers of other subjects. As for data collection techniques, researchers used interviews, observation and documentation. The results of this research are that the application of the teacher's example in improving students' morals has gone well, this is indicated by the forms of example carried out by the teacher, such as being disciplined, punctual, saying hello, praying, giving advice and spontaneous communication. Keywords: Teacher Exemplary and Student Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:26
Last Modified: 17 Jan 2024 09:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32046

Actions (login required)

View Item View Item